mindis.id
Latest News
Monday, December 5, 2016

Pentingnya Asuransi Bagi Anak Muda

Baca Juga



Perkembangan zaman yang begitu cepat berpengaruh juga pada perilaku sosial kita. Contohnya, orang tua dulu selalu terlihat segar walaupun usianya telah lanjut. Sekarang, banyak anak muda yang sudah terserang penyakit aneh aneh seperti kanker atau diabetes, walaupun badannya terlihat segar bugar. 

Kondisi demikian bisa menimpa siapa saja, termasuk bagi saya atau Anda . Tidak ada yang bisa menjamin kondisi ke depan akan seperti apa. Artinya, resiko akan selalu ada. Tapi satu hal yang harus diingat, asuransi bukanlah jual beli resiko seperti yang selama ini santer dibicarakan. Asuransi adalah jasa yang berkaitan dengan perlindungan.

Artinya, jika risiko tersebut tidak terjadi, perlindungan asuransi tetap ada dan kita bersyukur karena masih diberi kebaikan oleh yang maha kuasa. Tapi jika resiko tersebut terjadi, maka asuransi yang akan menanggungnya. Dalam ilmu ekonomi, resiko tidak bisa dihilangkan, tapi bisa dikurangi.

Berikut beberapa  alasan mengapa asuransi penting bagi anak muda.

Penyakit semakin mudah menyerang

Saat ini penyakit kritis bisa menyerang siapa saja, tidak pandang umur dan jenis kelamin. Jangan heran bila ada anak yang masih berumur 10 tahun sudah terserang diabetes. Banyak faktor yang menyebabkan ini terjadi, pada intinya, penyakit kritis semakin mudah menyerang setiap orang. Itulah kenapa asuransi penting bagi kita.

Medis semakin mahal

Sudah menjadi pemahaman umum jika biaya berobat semakin hari semakin mahal. Padahal di sisi lain, penyakit semakin beragam dan mudah menyerang pada siapa saja. Untuk itulah pentingnya mengikuti asuransi, agar ketika kita butuh pelayanan medis, ada asuransi yang mengcovernya.

Mengantisipasi kejadian tak terduga

Banyak kejadian tak terduga yang mungkin terjadi dalam hidup kita, seperti kecelakaan, atau cacat fisik yang menyebabkan seseorang tidak bisa lagi mencari nafkah. Padahal ia memiliki keluarga yang bergantung padanya. Tentu saja kita tidak mengharapkan ini semua terjadi. Sebagai manusia biasa kita bisa mengantisipasinya, mengurangi resikonya, dengan memiliki asuransi. Ada pepatah yang mengatakan, sedia payung sebelum hujan.

Hidup lebih tenang

Dengan adanya asuransi, kita tidak perlu hawatir jika resiko hidup seperti kematian, kecelakaan, tertimpa penyakit kritis, terjadi pada kita.  Jika seseorang meninggal dunia, ia dapat mewariskan sesuatu buat anak cucunya. Artinya, hidup seseorang yang mengikuti asuransi akan lebih tenang.


Tidak menyulitkan orang lain 

Setiap orang pasti mengalami kematin, hanya kita tidak tahu kapan kematian itu akan mendatangi seseorang. Artinya, risiko ini pasti akan terjadi, hanya soal waktu saja yang belum pasti tapi akan lebih beresiko lagi jika saat kematian kita masih menyusahkan orang lain, misalnya dengan meninggalkan banyak utang, tidak meninggalkan bekal untuk pengurusan jenazah dan sebagainya. Dengan adanya asuransi, risiko ini bisa diminimalkan.

Warisan untuk anak cucu

Satu lagi kenapa anak muda harus mengikuti asuransi adalah untuk anak cucu kita atau sebagai warisan. Dalam asuransi, ketika seseorang meninggal dunia, ia akan mendapatkan uang perlindungan plus nilai investasi yang dimilikinya.

*Annisa Fadhilah
Mahasiswa Jurnalistik, Politeknik Negeri Jakarta


Sumber gambar : http://www.getbudget.com/
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Pentingnya Asuransi Bagi Anak Muda Rating: 5 Reviewed By: mindis.id