Latest News
Monday, December 26, 2016

Pencegahan Terorisme Berawal Dari Masyarakat

Baca Juga



Belakangan ini, kita disuguhi 3 kasus pengungkapan teroris. Pertama penggerebekan di Bintara, Bekasi, kemudian di Curug, Tangerang Selatan dan terakhir di Purwakarta, Jawa Barat. Satu sisi, tentunya kita patut mengapresiasi keberhasilan dari kerja keras Densus 88 Anti Teror Mabes Polri tersebut. Namun, kita juga harus khawatir karena penangkapan tiga kelompok teroris dalam satu bulan ini juga menunjukkan bahwa terorisme masih ancaman serius yang harus terus diwaspadai.

Menumpas terorisme,  tidaklah cukup dengan hanya mengandalkan Densus 88 Mabes Polri. Melawan mereka harus mengerahkan segala kemampuan dan potensi, baik dari sisi pendidikan, agama, ekonomi, hukum dan lain-lain.

Masyarakat seharusnya bisa mengambil peran dalam pemberantasan teroris. Tak usah muluk-muluk. Lakukan saja hal-hal yang sederhana. Dimulai dari kenali tetangga kiri dan kanan rumah kita. Kemudian kita bisa bergerak lebih luas lagi dengan mengenali lingkungan RT dan RW termasuk para penghuni rumah kos atau kontrakan.

Dalam beberapa kasus, para terduga teroris diketahui tinggal di rumah-rumah kos yang kini makin menjamur di Jakarta dan sekitarnya. Mereka lebih memilih rumah kos karena kebanyakan penghuninya adalah kaum pekerja, sehingga sangat sibuk dan tak sempat atau tak memiliki waktu untuk bersosialisasi, berinteraksi secara intens dengan lingkungan sekitarnya. 

Fenomena sosial kaum urban semacam ini harus diantisipasi oleh pengurus RT/RW setempat. Mereka harus rajin mendata warganya, terutama yang tinggal di rumah-rumah kos atau kontrakan. Pastikan, RT/RW memiliki data mereka dan memantau segala aktivitasnya. Berlakukan juga aturan 1 x 24 jam tamu lapor ke pengurus RT/RW dan jika ada hal-hal yang mencurigakan segera beritahu aparat kepolisian.

Langkah ini memang kecil dan sederhana. Dengan mempersempit ruang gerak mereka, sesungguhnya kita sudah memberikan sumbangsih besar buat negeri ini dalam upaya pencegahan aksi terorisme. 

Annisa Fadhilah
Mahasiswi Jurnalistik, Politeknik Negeri Jakarta

sumber gambar : http://dipcentre.org/

  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Pencegahan Terorisme Berawal Dari Masyarakat Rating: 5 Reviewed By: mindis.id