Latest News
Thursday, December 29, 2016

"Om Telolet Om!"; Dari Iseng Jadi Trending Topik Dunia

Baca Juga

telolet

Om telolet om, om telolet om!“ 

Kalimat seruan tersebut tentunya tidak asing di sebagian pembaca tulisan ini. Karena pada saat ini, kalimat tersebut sedang menjadi buah bibir yang ramai dibicarakan oleh para netizen. Saat pembaca mendengar kata telolet, pastinya dalam benak pembaca tergambarkan sebuah bus yang sering ditemui di jalan raya. Sebab telolet sendiri merupakan sebuah bunyi yang identik dengan klakson bus yang ada di Indonesia sedangkan kata “om” merupakan panggilan kepada sopir bus-nya.

Fenomena ini menjadi populer setelah seorang netizen media sosial meng-upload video yang menunjukkan sekelompok anak-anak sedang berada di bahu jalan sambil membawa tulisan “Om telolet om!”. Anak tersebut berasal dari daerah Jepara, mereka sepulang sekolah langsung berbondong-bondong pergi ke pinggir jalan yang banyak ditemui bus berlalu-lalang. Pada saat bus menghampiri, mereka langsung mengangkat tulisan “Om telolet om!” yang berada di tangannya sambil berteriak dengan keras supaya supir bus menyalakan bunyi klakson telolet tersebut. Pada saat klakson telolet berbunyi secara serentak sekelompok anak tersebut mengekspresikan kegembiraannya bersama-sama.

Berawal dari keisengan anak-anak tersebut, kini fenomena “Om telolet om!” menjadi viral di media sosial. Bahkan banyak kalangan yang membuat video serupa lalu mereka menguploadnya. Seperti sebuah virus, demam “Om telolet om!” tersebut bukan hanya di kalangan masyarakat Indonesia, namun menjalar ke masyarakat luar negeri, seperti Amerika Serikat dan jepang. Mereka melakukan aktivitas yang sama, yaitu membuat video “Om telolet om!” layaknya di Indonesia.

Hal ini membuat publik figur internasional ikut tertarik untuk mengetahuinya. Seperti Dj Snake, Martin Garrix, Zedd, Marsh Mello, dan The chain smokers. Pada masing-masing akun Twitter miliknya mereka membuat status yang bertanya apa itu “Om telolet om!“, sehingga menjadi trending topic dunia. Bahkan penyanyi Dawin Polanco yang populer akibat lagunya yang berjudul “Dessert”, berencana untuk membuat lagu baru dengan judul “Om telolet om!”.

Di samping fenomenalnya “Om telolet om!” ini, terdapat sudut pandang yang berbeda dari sebagian pihak. Layaknya pendapat dari Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan, beranggapan fenomena ini berisiko menimbulkan kecelakaan. Karena terlalu banyak kalangan terutama anak di bawah umur yang bergerombol di kiri dan kanan memadati jalan raya, bahkan ada pula pemburu telolet yang memberhentikan bus di tengah perjalanan hanya untuk berfoto di depan bus tersebut. Tentunya hal tersebut sangatlah membahayakan dan berpotensi memicu terjadinya kecelakaan. Menanggapi hal tersebut, Menhub akan mengambil langkah untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. 

Di sebagian daerah pihak kepolisian sudah mengambil tindakan, seperti di wilayah Jawa Tengah tepatnya daerah Jepara, pihak kepolisian di daerah tersebut telah mengambil tindakan dengan cara menertibkan bus yang memakai klakson telolet. Hal itu dilakukan agar terciptanya keamanan lalu lintas di jalan raya.

Dari fenomena ini dapat ditarik kesimpulan bahwa yang menjadi viral di masyarakat luas, pasti terdapat hal positif dan negatifnya yang dapat diambil. Selain dari itu, akan terdapat pula pro dan kontra dari setiap kalangan. Karena mengingat perbedaannya pendapat dari kacamata masing-masing pihak. Tidak lupa kita pun sebagai orang yang hidup di rotasi perkembangan zaman yang amat pesat, harusnya memiliki pola pikir yang lebih mengutamakan keselamatan diri sendiri di samping mengikuti tren yang sedang berlangsung.


*Komarudin
Mahasiswa 
Universitas Budi Luhur, Jakarta
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: "Om Telolet Om!"; Dari Iseng Jadi Trending Topik Dunia Rating: 5 Reviewed By: mindis.id