mindis.id
Latest News
Sunday, December 4, 2016

Mengupas Misteri Segitiga Bermuda

Baca Juga



Dunia ini memang begitu banyak misteri. Salah satu misteri di Bumi yang sampai saat ini belum pernah terpecahkan dari generasi ke generasi adalah soal Segitiga Bermuda. Segitiga Bermuda adalah sebuah kawasan perairan yang terletak antara Miami, Puerto Rico dan pulau Bermuda sehingga seakan berbentuk tiga sudut segitiga imajiner.

Kawasan itu dianggap sebagai daerah paling misterius dan berhantu di Bumi. Kini dengan semakin berkembangnya manusia, mereka mencoba menjawab mengenai misteri apa yang ada di Segitiga Bermuda. Berikut adalah 3 hal penting mengenai Segitiga Bermuda yang dikutip dari beberapa sumber.

LUBANG BIRU

Blue Hole di Segitiga Bermuda menjadi Sebuah Teori. Teori berawal dari dugaan ada sebuah lubang besar di tengah lautan Bermuda yang memiliki arus bawah air sekaligus daya hisap luar biasa tinggi. Bahkan tak jarang kalau kekuatannya mampu menghisap pesawat yang terbang ratusan kilometer di atasnya.

LAUTAN IBLIS

Salah satu yang paling lekat dengan teori Segitiga Bermuda adalah lautan iblis. Segitiga Bermuda dijuluki sebagai rumah iblis karena sudah tak terhitung korban jiwa yang hilang misterius di kawasan itu. Banyak yang menyebutkan jika korban jiwa yang gugur di sana adalah menjadi tumbal bagi sebuah kekuatan misterius yang tak diketahui.

Bahkan beberapa teori dunia mistis menyebutkan kalau Segitiga Bermuda merupakan sarang dari Dajjal, sosok yang dianggap akan muncul di akhir zaman nanti. Dajjal sendiri kerap disebut sebagai Sang Raja Iblis yang kini sedang diam menanti di bawah gelapnya lautan Bermuda sebelum akhirnya nanti muncul.

GAS METANA DI LAUT

Setelah banyak teori mistis dan mitos mengenai Segitiga Bermuda, ada salah satu yang dianggap 
cukup masuk akal. Teori itu adalah Segitiga Bermuda merupakan penghasil gas metana terbesar di dunia. Metana adalah sebuah senyawa yang begitu kuat dan tentunya berbahaya. Bahkan bahaya metana dianggap beberapa ilmuwan lebih berbahaya daripada karbondioksida.

Penelitian ini dianggap masuk akal karena laut merupakan penghasil metana paling besar di alam selain di lapisan es atau tanah. Bahkan pada tahun 1981, sebuah uji coba seolah membenarkan jika Segitiga Bermuda memiliki kandungan metana dalam jumlah besar. Hal itu ternyata menjadi penyebab kenapa kapal dan pesawat yang melewati Segitiga Bermuda menghilang karena efek reaksi gas hidrat yang terbentuk saat semua gas terurai dengan bongkahan metana dan berubah jadi es. Hal ini terjadi mirip dengan reaksi nuklir sehingga menciptakan gas yang sangat besar. Hal itu membuat samudera menjadi panas dan bisa saja sebuah kapal tenggelam di perairan yang tercampur gas dengan kandungan besar. 

Annisa Fadhilah
(Mahasiswi Jurnalistik, Politeknik Negeri Jakarta)

Sumber gambar :  http://blog.berdakwah.net/

  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Mengupas Misteri Segitiga Bermuda Rating: 5 Reviewed By: mindis.id