mindis.id
Latest News
Thursday, December 22, 2016

Lebih Baik Telat Daripada Tidak Sama Sekali

Baca Juga



Jangan coba-coba membunyikan sirine atau menyalakan lampu isyarat warna biru bagi sembarang kendaraan  pribadi. Mulai awal Januari 2017, polisi lalu-lintas menilang dilanjutkan sanksi denda Rp250 ribu atau kurungan 1 bulan. Payung hukum dalam penilangan dan denda  tersebut adalah UU No. 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Aturan berlaku sejak 7 tahun silam. Penegakan hukumnya tergolong sangat telat sehingga terjadi penampakan seenaknya yang menjadi-jadi di jalan raya Ibukota Jakarta ketika kendaraan pribadi menggunakan sirine atau lampu isyarat biru. Warga masyarakat pada umumnya terpaksa mengalah di tengah kemacetan lalu-lintas karena kendaraan pribadi yang seenaknya itu.

Demi keadilan di jalan raya lebih baik aturan itu terlambat dilaksanakan daripada mengabaikan hukum positif. Penerapan larangan supaya perundang-undangan tidak tumpul ke atas. Mewabah pengguna sirine adalah contoh kasus sederhana dari sebab-akibat pembiaran menahun. Kepentingan umum jadi korban. Mulai awal tahun depan bila masih ada yang mau coba-coba, rasakan akibatnya.

Tata laksana baru seputar lalu-lintas, terbukti bisa diterima oleh semua pemangku kepentingan terdiri dari kepolisian, kejaksaan hingga kehakiman. Kita yakin hukum positif bidang lain bisa ditegakkan tanpa proses bertele-tele jika semua pihak terkait mau melaksanakannya tanpa ada tangan kotor.

Ke depannya para aparat penegak hukum seperti terus mau membuka diri untuk berinovasi guna mencapai tujuan akhir yang diamanatkan perundang-undangan lalu lintas yang sudah dibuat. Ego sektoral dalam menggunakan jalan raya tidak lagi zamannya untuk dipertahankan.


Annisa Fadhilah
Mahasiswi Jurnalistik, Politeknik Negeri Jakarta


  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Lebih Baik Telat Daripada Tidak Sama Sekali Rating: 5 Reviewed By: mindis.id