mindis.id
Latest News
Monday, December 12, 2016

Kuliner Khas Surabaya yang Harus Dicoba

Baca Juga



Surabaya memang terkenal dengan aneka wisata kulinernya yang enak. Makanan khas Surabaya seperti rujak cingur dan tahu campur menjadi menu yang wajib dicoba saat berkunjung ke Kota Pahlawan ini. Selain kedua menu tersebut, Surabaya masih memiliki segudang wisata kuliner andalan yang tak kalah enak untuk diburu dan mungkin tidak bisa ditemukan di kota lain.

Sate Klopo
Sate klopo atau sate kelapa adalah sate yang terbuat dari potongan daging yang dibaluri dengan parutan kelapa sebelum dibakar. Daging yang digunakan untuk sate klopo ini terbuat dari daging ayam atau daging sapi. Sate ini dapat ditemukan hampir disetiap sudut kota. 

Nasi Krawu
Pada dasarnya, nasi krawu adalah makanan khas dari Gresik tetapi kini sudah banyak ditemukan di hampir setiap sudut kota Surabaya. Makana khas yang disajikan dengan daun pisang ini berisikan kombinasi nasi pulen hangat dengan aneka lauk seperti semur daging, jeroan sapi, serundeng, dan sambal terasi. 

Lontong Balap
Satu lagi kuliner yang wajib diburu di Surabaya yaitu lontong balap. Lontong balap terdiri dari potongan lontong, tahu goreng, lentho dan taoge lalu disiram dengan kuah. 

Rawon Setan
Rawon adalah makanan khas Jawa Timur semacam soto. Berbeda dengan soto yang berkuah bening, rawon memiliki ciri khas kuah berwarna hitam pekat . Jika berkunjung ke Surabaya, jangan lewatkan untuk mencicipi Rawon.

Annisa Fadhilah
(Mahasiswi Jurnalistik, Politeknik Negeri Jakarta)

Diolah dari berbagai sumber 

Sumber gambar : https://bukanrastaman.files.wordpress.com

  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kuliner Khas Surabaya yang Harus Dicoba Rating: 5 Reviewed By: mindis.id