mindis.id
Latest News
Saturday, December 17, 2016

Kipas Angin dan Dampak Penggunaannya

Baca Juga

kipas angin

Dibandingkan AC, menggunakan kipas angin memang jauh lebih hemat. Terutama buat kamu yang tinggal di kosan atau kontrakan bersama teman-teman. Tak jarang kipas angin merupakan salah satu andalan di saat cuaca panas dan pengap. Namun, ternyata kipas angin memiliki efek samping yang membahayakan jika digunakan terus-menerus. Kira-kira apa saja ya?

Waspada! Kipas angin bisa mengancam kesehatan kamu
Penggunaan kipas angin dalam jangka waktu lama terlebih jika diarahkan langsung ke tubuh dapat menimbulkan beragam penyakit. Sebab kipas angin akan menurunkan suhu tubuh dan bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Jika cairan tubuh sudah berkurang, maka kulit pun akan ikut kering dan bisa menjadi iritasi.

Selain itu, embusan angin yang fokus mengarah ke tubuh dapat menyebabkan otot menjadi kaku dan nyeri. Belum lagi jika kipas angin kamu dalam keadaan kotor dan berdebu. Tentu akan menyebabkan gangguan pernapasan seperti bersin-bersin.

Tidak selamanya kipas angin membuat tagihan listrik tetap hemat
Kamu mungkin cenderung berpendapat bahwa penggunaan kipas angin jauh lebih hemat daripada AC. Padahal bisa jadi kipas anginlah yang menyebabkan tagihan listrik per bulannya meningkat lho!

Dilansir dari listrikdirumah.com, pemakaian kipas angin yang cenderung lama dan terus-menerus menyebabkan daya listrik menjadi menumpuk. Menyebabkan daya konsumsi kipas angin menjadi besar.

Jangan letakkan kipas angin berdampingan dengan televisi
Sering kali karena posisi stopkontak yang berdekatan, kita meletakkan kipas angin berdampingan dengan televisi dan perangkat elektronik lainnya. Dilansir dari mahrudinda.blogspot.co.id, meletakkan kipas angin dalam keadaan menyala di dekat televisi dalam waktu yang lama akan mengganggu kinerja televisi. Daya elektromagnetik kipas angin akan merusak layar televisi.

Berhati-hatilah dalam menggunakan kipas angin. Sebaiknya jangan mengarahkan kipas fokus ke tubuh terlebih di malam hari ketika tidur. Aturlah pemakaian kipas angin menggunakan time keeper agar tidak “merusak” tagihan per bulan kamu!


*Miftahur RahmiMahasiswa Jurnalistik
Politeknik Negeri Jakarta

(dari berbagai sumber)
Sumber gambar: id.pinterest.com
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kipas Angin dan Dampak Penggunaannya Rating: 5 Reviewed By: mindis.id