mindis.id
Latest News
Thursday, December 1, 2016

Kenapa Wanita Sensitif Saat Menstruasi?

Baca Juga



Kadang para pria bingung, mengapa teman wanitanya, pacarnya atau istrinya sangat sensitif saat menstruasi atau PMS. Menurut para ahli kandungan, menstruasi (PMS) berkaitan erat dengan peningkatan dan ketidakseimbangan kadar hormon reproduksi estrogen dan progesterone di dalam tubuh saat menstruasi. 

Ini berarti, rasa sakitnya akan selalu muncul setiap kali menstruasi datang. Menurut data dari The American College of Obstetricians and Gynecologists, hampir 70 persen wanita di seluruh dunia setiap bulannya mengalami PMS. Sekitar 14 persen dari wanita usia 20-35 tahun setiap kali PMS datang, mereka harus bed rest lantaran begitu hebatnya rasa nyeri yang menyerang. Setiap Wanita mengalami rasa sakit yang berbeda saat Menstruasi.

Menurut Dr. Guy E. Abraham, ahli kandungan dan kebidanan dari Fakultas Kedokteran UCLA, AS, PMS dibedakan menjadi empat tipe sesuai dengan tingkat keparahan dan kondisi hormonal dalam tubuh, yaitu PMS tipe A (60% wanita dunia), H (20%), C (10%), dan D (10%). 

1. Menstruasi Tipe A (Anxiety) 
Gejala yang timbul: rasa cemas, sensitif, mudah tersinggung, saraf tegang, perasaan labil. 

2. Menstruasi Tipe C (Craving) 
Gejala yang timbul: Pusing, berkeringat dingin, sering merasa lapar, edema (pembengkakan) pada perut kembung, nyeri pada buah dada, tangan dan kaki serta terjadi peningkatan pada berat badan. 
3. Menstruasi Tipe D (Depression) Gejala yang timbul: merasa sedih, lupa, bingung, dan lapar ingin mengkonsumsi makanan yang manis dan karbohidrat. 

4. Menstruasi Tipe H (hyperhidration) 
Gejala yang timbul: penumpukan cairan tubuh, berat badan bertambah, buah dada tegang dan terasa nyeri, ingin menangis, lemah, gangguan tidur.

5. Menstruasi tipe P (pain) 
Gejalanya antara lain pegal-pegal, jerawat, rambut dan kulit berminyak berlebih, mual, muntah, dan lebih sensitif terhadap rasa nyeri. 

Dalam konsidisi menstruasi  wanita akan mudah marah, emosi, dan tersinggung karena saat terjadi perubahan hormon pada tubuh wanita. Itulah sebabnya mengapa wanita cenderung sensitif saat menstruasi.

*Annisa Fadhilah
Mahasiswi Jurnalistik, Politeknik Negeri Jakarta


Sumber gambar : vemale.com

  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kenapa Wanita Sensitif Saat Menstruasi? Rating: 5 Reviewed By: mindis.id