mindis.id
Latest News
Wednesday, December 7, 2016

Kenali Macam - Macam Bentuk Pola Pikir

Baca Juga



Banyak orang terpengaruh pada berbagai macam pola pikir. Pola pikir adalah kecenderungan manusiawi yang dinamis, ia dapat mempengaruhi siapa saja. Berikut macam-macam pola pikir yang harus kita ketahui.

1. Ada orang dengan pola pikir perfeksionis
Orang tersebut menilai dirinya begitu tajam sehingga sekilas tidak berani mencoba sesuatu yang tidak dikuasai dengan sangat sempurna.

2. Ada juga orang dengan pola pikir pesimis 
Kita meyakini bahwa kita telah dikutuk. Bagaimanapun kerasnya kita berusaha tapi yang datang selalu hal-hal buruk. Kita tidak mampu melihat atau peduli akan keberhasilan yang diraih karena kita memilih untuk hanya melihat pada kegagalan kita. 

3. Ada orang dengan pola pikir bergantung pada orang lain
Kita sangat ingin untuk bebas tapi dilain pihak kita merasa bahwa hanya orang lain yang dapat menyelamatkan kita. Kita berpikir bahwa mereka mencintai kita karena mereka telah menyelamatkan kita. Kita merasa takut kehilangan hubungan baik yang telah lama dibina. 

4. Ada orang dengan pola pikir “saling membutuhkan”
Kita memfokuskan diri untuk mencintai orang lain dan membuat orang yang dicintai menjadi bergantung pada kita dengan mencurahkan segala perhatian dan perasaan cinta kita kepadanya. 

5. Ada orang dengan pola pikir membenci diri sendiri / suka melukai diri sendiri 
Kita membuat diri kita sendiri menjadi seorang pesimis, lalu melakukan hal yang sama pada orang lain. Kita tetap memilih bertahan untuk tidak merubah diri bahkan mempengaruhi orang lain dengan cara menakut-nakuti bahwa akan ada sesuatu yang berbahaya. 

6. Ada orang dengan pola pikir birokrat/dogmatic 
Kita memaksakan kehendak orang-orang untuk mengikuti aturan dan kita merasa yang paling tahu segalanya. 

7. Pola pikir yang optimistis
Kita percaya bahwa tidak ada sesuatu yang tidak mungkin. Semua dapat dilakukan secara bertahap, biar lambat asal selamat maka kita akan berhasil melakukan sesuatu yang teramat sulit.

8. Kita juga dapat memilih pola pikir seorang yang realistis
Dapat mengalahkan rasa takut dan hal-hal negatif dan melihat sesuatu tanpa menggunakan emosi lalu membuat rencana secara bertahap dengan penuh rasa percaya diri. 

9. Kita juga dapat mempunyai pola pikir seorang yang mandiri 
Tidak terlalu memikirkan perasaan orang lain sehingga orang lain dapat merasa bebas. Kita semua dapat menggali kemampuan diri secara bertahap sesuai kemampuan masing-masing tanpa harus mempunyai perasaan bersalah, rasa malu ataupun rasa terbebani.

Setiap saat kita dapat menentukan pilihan untuk merubah pola pikir, apakah kita akan tetap dengan pola pikir yang positif atau pola pikir yang negatif. Pola pikir yang merusak diri ternyata dapat dirubah sehingga kita bisa lebih baik. 

*Annisa Fadhilah 
(Mahasiswi Jurnalistik, Politeknik Negeri Jakarta)

Diolah dari berbagai sumber 

Sumber gambar : https://candrawiguna.com
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kenali Macam - Macam Bentuk Pola Pikir Rating: 5 Reviewed By: mindis.id