mindis.id
Latest News
Monday, December 26, 2016

Kamu Ranking Berapa di Sekolah ?

Baca Juga




Liburan telah tiba, jalanan, angkutan umum, dan sekolah-sekolah kini mulai sepi karena kehilangan beberapa pengguna tetapnya. Ya, anak sekolah sudah mulai liburan semester ganjil hingga awal tahun baru nanti. Akan tetapi, sebelum proses liburan tentu ada serangkaian kegiatan sekolah yang ditutup dengan ujian semester dan pembagian rapor.

Saya ingat ketika masih duduk di bangku persekolahan dulu yang akan ditanya pertama kali sepulang menerima rapor hasil belajar adalah, “kamu Ranking berapa?” Kadang saya menjawab dengan senang hati karena Rankingnya bagus tapi kadang malah terusik jika ditanya seperti itu karena Ranking saya standar dan tidak juara.

Waktu itu masih biasa saja, namun semenjak saya mulai berkuliah dan melihat adek-adek di bawah saya terus ditanya seperti itu, saya mulai jengah sendiri? Bukan, bukan berarti saya membenci anak-anak yang selalu mendapat juara atau menganggap remeh anak-anak yang yang tidak dapat Ranking. Hanya saja, segampang itukah penilaian orang lain terhadap kualitas anak sekolah? Hanya sebatas angka saja? Belum lagi percakapan antarorangtua atau keluarga yang saling menyebut Ranking anak-anak mereka.

Wahai orangtua, kualitas seseorang tidak pernah dilihat dari Ranking sekolah. Bisa saja sekolahnya mempunya standar yang tinggi sehingga anak-anak yang rata-ratanya 80-an masih mendapat Ranking belasan. Atau sekolah yang biasa-biasa saja, rata-rata tak sampai 80 pun bisa jadi juara umum.

Hal tersebut sudah menjadi bukti nyata bahwa pendidikan tak pernah berhenti untuk memandang hasil yang didapat bukan proses yang dilalui. Tak ayal pertanyaan-pertanyaan semacam itu membuat anak-anak menjadi tertekan sehingga menghalalkan segala cara untuk memperoleh nilai yang bagus. Saya sejujurnya, rasanya tak siap menerima nilai 50 walau saya tidak belajar sama sekali.

Maka Ranking atau nilai yang bagus hanyalah bentuk pertanggungjawaban kita, sebagai siswa, untuk bersungguh-sungguh memenuhi amanah akademik. Bukan tolak ukur kecerdasan atau kepintaran. Toh, pintar banyak jenisnya. 

Sama-sama memahami bahwasannya anak-anak terlahir dengan kepintaran yang bervariasi. Yang satu cerdas secara hitungan, yang lain dengan seni, begitu seterusnya. Pendidikan Indonesia yang masih berjalan di tempat pada pendidikan formal maka anak-anak dengan bakat di bidang tertentu belum cukup terasah kemampuannya. Prestasi itu membanggakan tetapi proses untuk menjadi orang sukses itu lebih dari sebuah Ranking yang diterima setiap semesternya. Karena akan dilakoni seumur hidup oleh setiap orang.

Miftahur Rahmi 
Mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta 


Sumber gambar : http://benzano.com/ 

  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kamu Ranking Berapa di Sekolah ? Rating: 5 Reviewed By: mindis.id