Latest News
Thursday, December 29, 2016

KALEIDOSKOP: INDONESIA 2016

Baca Juga



JANUARI

Meninggalnya Wayan Mirna Salihin usai minum kopi di Kafe Olivier, Mall Grand Indonesia, menjadi salah satu kasus yang menyita perhatian publik sepanjang tahun 2016. Jessica Kumala Wongso, salah satu teman Mirna yang datang lebih awal dan langsung memesankan kopi untuk Mirna menjadi saksi kemudia tersangka atas kasus pembunuhan tersebut.

Terjadinya serangan bom di kawasan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, menyebabkan kepanikan di berbagai kalangan. Diawali oleh ledakan bom bunuh diri di Starbucks Café yang disusul aksi penembakan. Tercatat dalam peristiwa tersebut tujuh korban tewas, dan lima di antaranya adalah pelaku.

FEBRUARI

Ditetapkannya Saipul Jamil telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polsek Kelapa Gading atas kasus pelecehan yang dilakukan terhadap remaja berinisial DS (17). Atas perbuatan tersebut, Saipul Jamil dijerat pasal 76 huruf E dengan ancaman 15 tahun penjara dan denda maksimal Rp 5 miliar.

WHO mengumumkan bahwa mikrosefalus dan sindrom Guillain-Barré, dua penyakit yang diyakini terkait dengan virus Zika, merupakan ancaman kesehatan masyarakat internasional.

MARET

Peristiwa Gerhana Matahari Total (GMT) menyita perhatian publik terhadap Indonesia. Sebab, jalur gerhana yang membentang dari Samudra Hindia hingga utara Kepulauan Hawaii, AS. Hebatnya, hanya Indoensia yang dilalui GMT dan dapat dilihat dengan jelas di 12 provinsi.

BNN menggerebek rumah Bupati Ogan Ilir, Ahmad Wazir Nofiadi di Jalan Musyawarah RT 26/05, Kelurahan Karang Jaya, Kecamatan Gandus, Palembang, Sumsel. Usai ditangkap, bupati termuda di Indonesia tersebut langsung diberangkatkan ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Gedung BNN.

APRIL

Kasus Yuyun mengusik nurani. Remaja SMP berusia 14 tahun tersebut menjadi korban pemerkosaan dan pembunuhan oleh 14 pelaku secara biadab. Jasad korban ditemukan pada 4 April dalam kondisi telanjang dan tertutup daun pakis. Terdapat lebam bekas luka akibat pukulan pada muka dan kekerasan di kemaluan korban.

Seorang siswi SMA di kota Medan membuat heboh publik gara-gara ulahnya memaki seorang Polwan Ketika ditilang. Tidak berhenti sampai di situ, ia juga mengaku sebagai anak dari Armand Depari, Deputi Pemberatasn Badan Narkotika Nasional (BNN). Aksinya tersebut terekam oleh media awak kamera yang kemudian menyebar luas di masyarakat.

MEI

Enno Parihah (18), buruh pabrik plastik di Tangerang, tewas mengenaskan dengan ganggang cangkul yang menancak di tubuhnya. Pelakunya seorang siswa SMP yang melakukan kekerasan dan pelecehan berakhir dengan memasukkan ganggang cangkul dari kemaluan korban.

Presiden Jokowi beserta jajaran pemerintah menekan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang hukuman kebiri terhadap pelaku kejahatan seksual terhadap anak-anak. Hal ini berkaitan dengan betapa meningkatnya angka kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak-anak.

JUNI

Setelah berjuang mengumpulkan data KTP hingga dua kali, akhirnya Teman Ahok mencapai pengumpulan satu juta KTP. Tepatnya 1.024.632 KTP.

Pihak kepolisian membongkar sindikat penyebaran vaksin palsu di Tangerang Selatan. Vaksin tersebut diduga telah menyebar di beberapa provinsi seperti Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

JULI

Pokemon menyedot perhatian besar sepanjang Juli 2016. Pasca diluncurkan secara resmi pada 6 Juli, para pengguna perangkat Android dan iOS menunjukkan antusiasme besar terhadap gim tersebut.Kehadiran Pokemon Go sudah dinantikan oleh para gamer sejak lama. Hingga akhirnya, gim hasil kolaborasi Nintendo dan Niantic itu resmi meluncur untuk platform Android dan iOS pada Juli 2016.

Grand Prix Formula 1 di Budapest, Hungaria, tanggal 24 Juli menjadi balap terakhir bagi pembalap Manor Racing Rio Haryanto berdasarkan kontrak yang ada saat ini karena dana sebagai pay driver tidak jelas akan dibayar atau tidak. Rio Haryanto sendiri sebelumnya menyatakan masalah finansial ini tidak mempengaruhi fokusnya di lapangan.

AGUSTUS

Republik Indonesia merayakan HUT ke-71 dan emas dari Tontowi/Liliyana menjadi kado terindah bagi rakyat Indonesia. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menjadi salah satu kontingen Indonesia yang berjuang di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. Di tengah gugurnya para wakil Indonesia di cabang bulu tangkis, Tontowi/Liliyana mampu melaju mulus sejak awal.

Aparat Filipina menangkap 177 jemaah haji Indonesia yang menggunakan dokumen palsu untuk menggunakan kuota haji Filipina. KBRI Manila dikabari hal ini oleh imigrasi Bandara Internasional Manila, Jumat (19/8) pagi sekitar pukul 09.00. Setelah dilakukan verifikasi awal memang ditemukan bahwa terdapat sekitar 177 orang diyakini adalah WNI yang hendak menunaikan ibadah haji menggunakan quota Filipina. Mereka diduga kuat menggunakan dokumen palsu yang diatur oleh sindikat di Filipina. 

SEPTEMBER

CEO Apple, Tim Cook meresmikan Iphone 7 dan 7plus, Handphone ini sempat membuat geger warga dunia terutama Indonesia. Kehadirannya memang dinanti karena banyak rumor yang mengatakan bahwa Iphone akan melakukan perombakan fitur pada Handphone barunya itu. 
Samsung Resmi Hentikan Penjualan Galaxy Note 7

Samsung resmi menghentikan penjualan dan menarik Galaxy Note 7 dari pasaran karena banyak laporan yang mengeluh atas produk Samsung itu. Ada 35 laporan mengenai baterai dari Samsung Galaxy Note 7 ini dan itu sempat membuat geger masyarakat dunia dan menyebabkan jatuhnya saham Samsung saat itu.

OKTOBER

Berakhirnya drama persidangan kasus Kopi Sianida Mirna pada 27 Oktober 2016 diakhiri dengan pembacaan keputusan vonis untuk tersangka kasus tersebut, Jessica Kumala Wongso. Jessica mendapat vonis selama 20 tahun, Jessica pun mengajukan banding terhadap vonis yang diputuskan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. 

Beredarnya video penistaan Agama yang dilakukan oleh Ahok yang membahas ayat surat Al-Maidah ayat 51, membuat heboh para netizen. Video yang berdurasi selama 31 detik itu disebarkan oleh Buni Yani pada 6 Oktober dengan keterangan  menyulut permasalah SARA hingga terjadilah tuntutan ke kepolisian oleh ormas-ormas Islam yang menuntut pemerintah mengusut masalah penistaan agama oleh Ahok. 

NOVEMBER

Berlakunya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Trankasaksi Elektronik (ITE) telah berlaku pada 28 November 2016 setelah 30 hari dari rapat paripurna pengesahan Revisi UU ITE pada 27 Oktober 2016 oleh DPR. Hal tersebut menjadi trending topic di dunia jurnalistik indonesia terutama jurnalistik online Indonesia. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy merencanakan melakukan monotorium terhadap Ujian Nasional karena ujian tersebut dinilai tidak membangun kualitas pendidikan Indonesia.  Hal ini menjadi kabar baik bagi para siswa tetapi saat itu Jokowi belum menyetujui monotorium tersebut.

DESEMBER 

Aksi 212 yang dilaksanakan di Monas berlangsung damau. Saat aksi tersebut berlangsung, tak disangka Jokowi dan Jusuf Kalla hadir dalam aksi tersebut dan ikut solat Jumat berjamah. Padahal aksi tersebut tidak termasuk dalam agenda kepresidenan. Insiatif Presiden untuk datang ke aksi tersebut menuai apresiasi dari rakyat bahkan elite parlemen dan partai oposisi. Di hari yang sama saat Aksi Super Damai 212 dilaksanakan, terjadi penangkapan 10 orang yang diduga melakukan percobaan makar dan menghina presiden dan dikenai pasal yaitu Kivlan Zein, Rachmawati Soekarnoputri, Sri Bintang Pamungkas, Ratna Sarumpet, Ahmad Dhani, Adityawarman, Jamran, Eko, Rizal Kobar dan Firza Huzein. 

Om telolet om adalah video viral hiburan di Youtube yang muncul dari kebiasaan anak-anak di sekitar jalan lintas Jepara-Kudus. Dalam video tersebut tampak anak-anak meminta supir bus dengan sebutan om untuk membunyikan klakson spesial mereka yang berbunyi seperti telolet dan mereka senang dengan bunyi klakson tersebut. Video OM TELOLET OM semakin menjadi viral di dunia maya setelah heboh diperbincangkan para netizen. Para DJ dunia, seperti Dillion Francis bersama Skrillex, Firebeatz dan Ummet Ozcan membuat lagu dengan nada klason bus OM TELOLET OM. Bahkan viral ini masuk dalam berita Billboard. 

Miftahur Rahmi 
Annisa Fadhilah 
Mahasiswi Jurnalistik, Politeknik Negeri Jakarta 

Diolah dari berbagai sumber

Sumber gambar :  https://media2.wnyc.org







  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: KALEIDOSKOP: INDONESIA 2016 Rating: 5 Reviewed By: mindis.id