mindis.id
Latest News
Tuesday, December 13, 2016

Jajanan Tradisional Bundo Kanduang

Baca Juga


Selain rendang dan nasi padang, ternyata Sumatera Barat juga memiliki beberapa jajanan tradisional dengan cita rasa yang gurih dan pedas. Selain harga yang murah, jajanan tradisional ini mulai kembali digalakkan oleh penduduk setempat. Salah satu tujuannya adalah memanjakan lidah wisatawan yang datang berkunjung ke Ranah Bundo Kanduang.

Sala Lauak
Gorengan bulat kuning beraroma daun kunyit ini sering dijumpai di kedai atau warung pinggir jalan. Asalnya dari Kota Tabuik, Pariaman. Bahan utama pembuatannya adalah tepung beras dan ikan asin sehingga cocok disantap dengan sate, bakso, lontong, dan lain-lain. Harganya bervariasi, mulai dari Rp500 hingga Rp1.000, tergantung ukurannya.

Rakik Maco
Rakik maco ini bentuknya seperti peyek kacang tetapi kacang yang biasanya ada diganti dengan ikan maco. Rakik maco yang gurih selain menjadi cemilan juga bisa disantap dengan nasi. Satu bungkus rakis maco berisi 10-12 buah dapat dibeli dengan harga Rp10.000.

Kawa Daun
Kawa daun merupakan minuman yang diracik dari daun kopi dan disajikan di dalam batok kelapa. Biasanya minuman ini dikonsumsi bersama cemilan seperti gorengan. Selain rasanya yang enak, minuman ini juga dipercaya memiliki beberapa khasiat bagi kesehatan. Harganya pun murah, mulai dari Rp2.000 hingga Rp5.000.


*Miftahur Rahmi
Mahasiswa Jurnalistik
Politeknik Negeri Jakarta

(dari berbagai sumber)
Sumber gambar: hrace009.com
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Jajanan Tradisional Bundo Kanduang Rating: 5 Reviewed By: mindis.id