mindis.id
Latest News
Saturday, December 17, 2016

Jajanan SD yang Kini Sudah “Naik Kelas”

Baca Juga

Jajanan SD

Kenangan masa kecil memang memiliki tempat tersendiri bagi kita yang sudah jauh melampauinya. Sepertinya, semakin kita dewasa maka semakin besar pula keinginan kita untuk menikmati masa kanak-kanak dulu. Nostalgia masa kecil memang tak hanya permainan, kawan dekat rumah, atau acara televisi. Jajanan! Iya, salah satu hal yang hanya dengan uang Rp1.000 kita sudah bisa beli hingga perut kenyang. Akan tetapi, tiba-tiba saja jajanan murah dulu, kini jadi “naik kelas” sekarang. Seperti apa ya jajanan itu sekarang?

Lidi-lidian
 
Via lidigeli.com
Sebelumnya, makanan ini memiliki rasa yang pedas. Makan satu-satu, sampai lidah kelu karena bubuk cabai sebagai cita rasanya. Zaman sekolah dasar dulu, makanan ini dapat dibeli dengan harga Rp500 sampai Rp1.000. Namun sekarang, satu plastik kecil bisa dibeli dengan harga Rp2.000 sampai Rp5.000.

Belum lagi jika berukuran sedang atau kemasan berbentuk kotak maupun boks tersebut yang sering dijumpai di festival makanan. Harganya bisa mencapai Rp15.000 sampai Rp20.000 lho! Tentu, dengan rasa yang beragam seperti jagung bakar, green tea, hingga keju.

Telur Gulung
Via imgrum.net

Penjual telur gulung yang biasanya suka mangkal di depan sekolah kini berganti tempat ke bazar atau festival makanan. Telur gulung yang per tusuknya seharga Rp500 berkemasan plastik, kini sudah jauh mahal. Biasanya diletakkan tiga sampai lima tusuk di wadah berbentuk gelas dengan harga Rp5.000 hingga Rp10.000.

Kue Cubit
Via sahabatkulitsehat.blogspot.com

Makanan ini di pertengahan 2015 sempat menjadi viral karena kemunculannya dengan berbagai rasa baru seperti green tea, Oreo, cokelat, dan lain-lain. Zaman sekolah dulu, kamu bisa membeli kue cubit dengan harga Rp500 atau Rp1.000 saja. Akan tetapi, kini kue cubit bukan sekadar jajanan pinggir jalan saja. Sudah merambah hingga ke kafe-kafe dengan harga Rp12.000 hingga Rp20.000.

Meskipun kini tetap ada walau berbeda harga, tentu suasana ketika kita menikmatinya dulu sepulang sekolah dengan masa kini yang harus mendatangi festival makan tertentu, akan terasa berbeda. Mari lestarikan jajanan tradisional!


*Miftahur RahmiMahasiswa Jurnalistik
Politeknik Negeri Jakarta

(dari berbagai sumber)
Sumber gambar atas: health.liputan6.com
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Jajanan SD yang Kini Sudah “Naik Kelas” Rating: 5 Reviewed By: mindis.id