Latest News
Thursday, December 1, 2016

HIV/AIDS, Berawal dari Bali Kini Terbanyak di Jatim

Baca Juga




Mungkin para mindizen belum begitu mengetahui perjalan penyakit mematikan HIV/AIDS di Indonesia. Menurut Pusat Data dan Informasi Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, HIV atau virus penyebar AIDS ditemukan di Bali pada tahun 1987 dan menyebar ke seluruh Indonesia.

Tahun ini justru populasi orang terinfeksi virus HIV dan penderita AIDS terbanyak ada di Jawa Timur dengan jumlah 26.052 orang terinfeksi virus HIV dan 14,499 orang menderita AIDS. Hal ini mematahkan paradigma orang-orang bahwa wilayah papua merupakan wilayah dengan jumlah kasus HIV/AIDS. 

Pola penularan HIV berdasarkan jenis kelamin lebih banyak terjadi pada laki-laki sebanyak 54% dibandingkan perempuan hanya 29%. Faktor penular HIV/AIDS adalah hubungan heteroseksual, homoseksual napza suntik

Menurut KAPETA Foundation, banyak orang tidak merasa berbeda setelah terinfeksi HIV. Bahkan banyak orang tidak merasa gejala apa-apa selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang tertular HIV tetapi tidak menyadarinya.


*Annisa Fadhilah
(Mahasiswi Jurnalistik, Politeknik Negeri Jakarta)

Diolah dari berbagai sumber 

Sumber gambar : http://biliranisland.com/

  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: HIV/AIDS, Berawal dari Bali Kini Terbanyak di Jatim Rating: 5 Reviewed By: mindis.id