mindis.id
Latest News
Wednesday, December 7, 2016

Hati - Hati, Stres Dapat Menyerang Anak-Anak

Baca Juga



Anak-anak dapat menderita PTSD (Post Traumatic Stress Disorder) akibat menyaksikan kekerasan dalam rumah tangga atau mengalami penyiksaan fisik. Gambaran klinis PTSD pada anak-anak tampaknya berbeda dengan orang dewasa. Ada empat gambaran klinis PTSD pada anak-anak.   

1. Gangguan tidur dengan mimpi buruk tentang monster umum terjadi, sebagaimana juga perubahan prilaku. Sebagai contoh, seorang anak yang semula periang menjadi pendiam dan menarik diri. 

2. Seorang anak yang semula pendiam menjadi lebih kasar dan agresif bahkan beberap anak yang mengalami trauma, mulai berpikir bahwa mereka tidak akan hidup hingga mencapai usia dewasa.

3.  Beberapa anak bisa kehilangan ketrampilan perkembangan yang sudah dikuasai, seperti berbicara atau toilet training karena PTSD. 

4. Anak-anak bisa jauh lebih sulit berbicara tentang perasaan mereka dibanding orang dewasa, Jika hal itu terjadi yang terdapat kemungkinan penyiksaan fisik atau seksual.

Selain membutuhkan psikiater, anak yang menderita PTSD juga perlu dukungan orang tua dan teman-temannya untuk dapat menghilangkan traumanya. seperti halnya dengan penyanyi internasional Lady Gaga. Lady Gaga pernah mengalami pemerkosaan saat masih kecil, luka trauma karena kejadian itu menyebabkan ia terkena PTSD. Berkat dukungan orang tua dan sahabatnya untuk sembuh, Lady Gaga pun bisa sembuh dari PTSD.

Annisa Fadhilah
Maasiswa Jurnalistik, Politeknik Negeri Jakarta

Diolah dari berbagai sumber 

Sumber gambar : https://www.deherba.com


  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Hati - Hati, Stres Dapat Menyerang Anak-Anak Rating: 5 Reviewed By: mindis.id