mindis.id
Latest News
Sunday, December 4, 2016

“Diskon” Monster di Akhir Tahun

Baca Juga

pesta diskon

Beberapa bulan menjelang akhir tahun, semenjak November, beragam pusat perbelanjaan menawarkan potongan harga yang tidak sedikit. Perayaan ini mungkin diilhami dari Black Friday, salah satu negara penganutnya Amerika, yang dilaksanakan pada Jumat setelah Thanksgiving Day. 

Selama perayaan Black Friday, pusat perbelanjaan buka lebih lama dan menwarkaan diskon “gila-gilaan” untuk menarik perhatian pembeli. Disebut Black Friday karena pada hari itu neraca pembukuan mereka berubah dari merah (rugi) menjadi hitam (untung).

Bahkan di beberapa negara penganut Black Friday, tak jarang sampai mengalami kericuhan karena animo masyarakat yang cukup besar. Sedangkan di Indonesia sendiri, istilah ini bisa dibilang masih terkesan “baru”. Hanya beberapa retail toko online maupun offline yang melaksanakannya. Biasanya perayaan Black Friday ini dilakukan pada Jumat terakhir November.

Akan tetapi perayaan liburan Natal dan Tahun Baru memang identik dengan berburu diskon besar-besaran. Berbagai pusat perbelanjaan sudah mulai memasang banner bertuliskan angka-angka promo. Tak jarang hal tersebut menarik pengunjung, apalagi bagi mereka yang sudah menantikan promo akhir tahun.

Tidak hanya pakaian, tapi merambah ke berbagai produk. Seperti elektronik, properti, gadget, dan lain-lain. Namun jangan hanya sekadar tergiur dan lupa diri menghambur-hamburkan uang tanpa paham nilai barang yang dibeli.

Desember memang penuh dengan godaan, tapi tetap pilihlah barang berdasarkan nilai manfaatnya. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan di tempat terhadap barang diskon yang ingin dibeli, agar tak ada perasaan kecewa atau dirugikan bila barang tersebut mengalami cacat produksi.


*Miftahur Rahmi
Mahasiswa Jurnalistik
Politeknik Negeri Jakarta

(dari berbagai sumber)
Sumber gambar: infobekasi.co.id
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: “Diskon” Monster di Akhir Tahun Rating: 5 Reviewed By: mindis.id