mindis.id
Latest News
Sunday, December 11, 2016

Coliving, Ajang Berbagi dan Mendapat Teman Baru

Baca Juga



Berbagi tempat tinggal bersama seorang yang asing dan belum pernah kita kenal sebelumnya, memang terlihat menakutkan dan aneh. Namun, siapa sangka hal tersebut kini mulai menjadi tren di kalangan masyarakat komunal.

Bagi mereka, berbagi tempat tinggal dengan orang asing bukanlah masalah besar, seperti dilakukan Angela Fox dan anak remajanya yang secara sukarela memilih berbagi rumah dengan 170 orang asing. Fox dan anaknya telah menjadi warga sebuah komunitas coliving (communal living) garapan perusahaan Welive, di Arlington, Virginia, Amerika Serikat pada April 2016.

Dengan menjadi komunitas coliving, ketika Fox dan anaknya, Tatton, melangkah ke luar pintu kamar apartemen, mereka akan bertemu dengan seluruh masyarakat komunitas. Di dalam komunitas itu, mereka berbagi dapur komunal, coffee bar, ruang cuci, area TV, studio yoga, dan bahkan toko kebutuhan sehari-hari. Model tempat tinggal berbagi itu dirancang Welive.

“Saya introver, tapi duniaku mayoritas petualangan,” ujar Fox, seperti dilansir CNN.com. Kendati ia hidup berkelompok, privasi Fox tetap terjaga. Saat dia menutup pintu apartemennya, suasana langsung hening. Hal itu terjadi karena ruang apartemen kedap suara.“Ini berhasil untukku!” kata Fox yang juga Pemimpin Crystal City Business Improvement District.

Selain Fox, banyak pendatang dengan rentang usia 20-30 tahun yang memilih gaya hidup komunal, semisal, Kelsey Whallon, 25 tahun. Dia pindah ke tiga kamar tidur di lokasi New York City Welive setelah direlokasi dari San Francisco. Whallon, yang dipasangkan dengan dua teman sekamar secara acak hal itu juga merupakan cara baginya untuk menjalin persahabatan baru. Selain Welive, konsep serupa ditawarkan perusahaan lain, seperti Ollie, Roam dan Unsettled. 

Annisa Fadhilah
(Politeknik Negeri Jakarta)

Diolah dari berbagai sumber 

Sumber gambar : http://static1.1.sqspcdn.com/



  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Coliving, Ajang Berbagi dan Mendapat Teman Baru Rating: 5 Reviewed By: mindis.id