mindis.id
Latest News
Tuesday, December 20, 2016

Cara Praktis Diet dan Mudah

Baca Juga



Apakah Anda masih belum berhasil menurunkan berat badan karena metode yang terlalu rumit untuk diterapkan? mungkin Anda bisa mengikuti Cara praktis di bawah ini. Intinya, dimulai dari hal yang paling mudah.

Tahap 1 – Hindari minum diet soda
Minuman diet soda atau minuman berlabel zero (0) sugar, dibuat tidak menggunakan gula (sakrosa), tetapi dari pemanis buatan. Minuman ini ditujukan untuk konsumen diet rendah kalori dan penderita diabetes. Konsumsi minuman diet soda membuat konsumen selalu merasa lapar. Ini yang akan membuat mereka justru akan makan melebihi kebutuhan diet rendah kalorinya.

Tahap 2 – Tambah serat
Serat harus menjadi salah satu menu utama ketika Anda melakukan diet. Serat membuat Anda merasa kenyang tanpa harus mengonsumsi banyak karbohidrat. Makanan yang mengandung banyak serat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. 
Anda harus mengenali jenis serat yang disantap. Ada dua jenis serat yang terkandung dalam buah dan sayur, yaitu serat yang larut dan tak larut air. Serat yang paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah serat yang larut air. Kandungan serat larut air ini bisa ditemukan dalam buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti semangka, melon, pepaya, buah naga dan lain-lain.

Tahap 3 – Beralih ke karbohidrat kompleks
Asupan karbohidrat tinggi dapat menambah timbunan lemak dalam tubuh. Timbunan ini tidak begitu saja dibakar karena tubuh membutuhkan energi dan metabolisme tinggi untuk melakukannya. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan beralih ke karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna sehingga membuat tubuh terus mengeluarkan energi untuk menghancurkannya dan mengurangi risiko timbunan lemak yang disebabkan oleh kelebihan gula.
Karbohidrat kompleks juga kaya akan kandungan serat yang baik untuk pencernaan dan merupakan sumber energi bagi tubuh. Karbohidrat kompleks juga memiliki kandungan vitamin dan mineral dalam jumlah besar. Anda bisa mendapatkan kandungan karbohidrat kompleks dalam beras merah, roti gandum, kentang rebus, biji-bijian dan beragam kacang-kacangan.

Tahap 4 – Kurangi garam
Bukan hanya makanan berlemak dan makanan manis yang perlu Anda kurangi, makanan yang banyak mengandung garam juga perlu dihindari. Selain bisa mengakibatkan hipertensi, terlalu banyak garam di dalam tubuh membuat cairan tubuh tertahan. 
Jika cairan itu tidak dikeluarkan dan tertahan dalam jangka waktu lama, tanpa Anda sadari berat badan Anda sudah bertambah satu kilogram. Makanan dalam kemasan dan siap saji biasanya mengandung garam yang tinggi.
Saat menjalani program diet akan lebih baik jika konsumsi garam sebanyak 500 mg garam setiap harinya. Dengan mengurangi kadar garam dalam tubuh maka tubuh akan kehilangan air yang menghindari kemungkinan perut Anda membuncit. 

Lakukan cara ini berulang di hari-hari berikutnya. Perlahan-lahan, tubuh Anda akan mulai terbiasa untuk melakukannya kegiatan itu bersama-sama sehingga target diet kalian bisa tercapai.


Annisa Fadhilah
(Mahasiswi Jurnalistik, Politeknik Negeri Jakarta) 

Diolah dari berbagai sumber 

sumber gambar : http://randidrasin.com/
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Cara Praktis Diet dan Mudah Rating: 5 Reviewed By: mindis.id