mindis.id
Latest News
Sunday, December 4, 2016

Cara Menjaga Kesehatan Mata Dari Radiasi Komputer

Baca Juga



Komputer atau laptop merupakan bagian penting di dalam kehidupan manusia di zaman modern ini. Terlalu lama di depan komputer memang dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan tubuh. Dampak negatif tersebut seperti lelahnya kinerja mata akibat terlalu sering menatap layar komputer yang beradiasi.

Oleh sebab itu untuk berada di depan monitor sebaiknya mengetahui bagaimana cara untuk menghindari efek tersebut. Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari risiko yang disebabkan oleh radiasi komputer, diantaranta adalah : 

1. Perbanyak Mengonsumsi Buah dan Sayuran 

Mengonsumsi buah dan sayuran sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Pada umumnya daging, sayur dan buah-buahan mengandung vitamin yang bermanfaat untuk tubuh salah satunya adalah kesehatan mata. 

Menjaga kesehatan mata membutuhkan vitamin A yang bisa didapatkan melalui sayur-sayuran serta buah. Bagi Anda yang sering berhadapan di depan layar monitor, alangkah baiknya untuk mengimbangi dengan mengonsumsi makanan sehat tersebut.

2. Pelindung Layar 

Pelindung layar untuk sebuah komputer sangat penting untuk melindungi mata dari pancaran langsung sinar radiasi untuk itu mempertimbangkan penggunaan pelindung layar merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu Anda juga bisa menggunakan kaca mata pelindung mata saat di depan komputer.

3. Tempatkan Komputer Di Ruangan Cukup akan Cahaya 

Menempatkan komputer di ruangan cukup cahaya menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi efek samping pada kesehatan mata. Secara medis bermain komputer di tempat yang redup dengan kondisi sinar yang dihasilkan layar dapat mempengaruhi kinerja mata. 

4. Mengatur Kecerahan pada Layar Monitor 

Monitor dapat mempengaruhi tingkat fleksibilitas pada otot mata. Hindari kondisi layar terlalu cerah dan hindari juga kondisi layar terlalu redup. Anda harus menyeimbangkan kondisi layar pada monitor dengan mata Anda.

5. Istirahatkan Mata Secara Berkala 

Cara menjaga kesehatan mata  berikutnya adalah mengistirahatkan mata secara berkala. Secara normal mengedipkan mata sebanyak 18 kali dalam satu menit. Namun, dengan menatap layar komputer maka intensitas mengedipkan mata akan berkurang. Oleh sebab itu istirahatkan mata secara berkala atau mengalihkan pandangan untuk menghindari kelelahan mata. Manfaatkan waktu istirahat untuk merelaksasikan mata.

Annisa Fadhilah 
(Mahasiswa Jurnalistik, Politeknik Negeri Jakarta)

*Diolah dari berbagai sumber

sumber gambar : https://2.bp.blogspot.com

  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Cara Menjaga Kesehatan Mata Dari Radiasi Komputer Rating: 5 Reviewed By: mindis.id