mindis.id
Latest News
Sunday, December 4, 2016

Berhati - Hatilah Terhadap Rekan Kerja yang Seperti Ini

Baca Juga




Rekan kerja yang baik dan menyenangkan merupakan salah satu faktor membuat Anda semangat bekerja di kantor. Namun, ada baiknya Anda tetap waspada. Dunia kerja penuh persaingan. Bisa saja dibalik sikap ramah seorang rekan kerja, tersimpan suatu ambisi besar dalam dirinya untuk bisa mengalahkan Anda dalam hal berkarier, terlebih dengan cara yang licik. Jadi, mulailah waspada jika ada rekan kerja yang menunjukkan sikap seperti ini versi My Greatest World:

1. Rekan kerja yang bermuka dua

Menghadapi rekan kerja seperti ini Anda harus ekstra hati-hati karena dia dapat mencitrakan dirinya sebagai rekan yang baik, menyenangkan, dan layak untuk dipercaya. Padahal, orang ini jahat sekali. Dia baik di depan Anda, tapi bisa menjelek-jelekkan Anda di depan orang lain.

Sebaliknya, dia juga bisa baik di depan orang lain, tapi menjelek-jelekkan orang itu di depan Anda. Lebih celaka lagi, orang ini juga gemar menggunakan nama orang lain untuk aksi jeleknya itu. Oleh sebab itu jika tak ada yang perlu dibicarakan kepadanya, sebaiknya diam saja dan jangan menanggapi jika dia mengajak bergosip. Namun demikian, berusahalah untuk tetap baik kepadanya agar dia tidak membenci Anda dan menjadikan Anda salah satu sasaran ‘tembaknya’.

2. Rekan kerja yang suka berfikir negatif  

Tak mudah menghadapi orang seperti ini, karena meski sebaik apapun niat Anda dan sehebat apapun ide Anda, dia akan melihatnya dari sisi yang berbeda. Bahkan jika Anda mendapat penghargaan, dia akan mengatakan bahwa pimpinan salah telah memberikan penghargaan itu kepada Anda. 

Orang dengan tipe seperti ini biasanya miskin kreatifitas dan ide-ide cemerlang, sehingga agar tetap dapat dilihat dan diperhatikan, dia menampilkan dirinya secara destruktif seperti itu. Untuk menghadapi orang seperti ini, Anda harus kuat mental agar tidak mudah terprovokasi oleh apapun yang dikatakannya. Jangan pula berdebat karena akan membahayakan diri Anda sendiri. 

3. Rekan yang suka memanfaatkan

Menghadapi rekan seperti ini Anda harus tegas karena ini tipe orang yang gemar mencari keuntungan dari orang lain, termasuk dari temannya sendiri. Jika Anda punya ide-ide cemerlang, sedapat mungkin sembunyikan dari dia karena jika dia merasa ide itu dapat menaikkan pamornya di mata pimpinan, ide itu akan dia bajak dengan seribu satu akal bulusnya. 

Oleh karena itu jika dia menawarkan diri untuk membantu, berhati-hatilah. Akan lebih baik jika Anda menolak dengan halus seraya mengatakan kalau Anda dapat mengerjakannya sendiri. Memberi dia peluang berarti memberi dia kesempatan untuk merugikan diri Anda.

4. Rekan kerja yang posesif

Perilaku rekan yang satu ini tidak sejahat tiga tipe rekan di atas. Namun, sangat merepotkan karena sudah merasa dekat dengan Anda, dan cocok, dia akan menempel terus kepada Anda seperti benalu sehingga seolah tiada hari dan tiada aktivitas tanpa dirinya di samping Anda. 

Dia tak suka jika Anda terlihat akrab dengan rekan yang lain dan sangat marah jika pada suatu kesempatan Anda tidak mengajaknya. Jika Anda terlanjur berteman dengan rekan kerja yang seperti ini, sebaiknya segera membuat jarak atau akan terkungkung selamanya oleh hubungan pertemanannya yang terlalu berlebihan.


Annisa Fadhilah
(Mahasiswi Jurnalistik, Politeknik Negeri Jakarta)

Sumber gambar : www.qerja.com 

  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Berhati - Hatilah Terhadap Rekan Kerja yang Seperti Ini Rating: 5 Reviewed By: mindis.id