mindis.id
Latest News
Thursday, December 29, 2016

Belajarlah Dari Rusia untuk Hal Pertahanan Negara

Baca Juga



Rusia, sang negeri pemenang Perang Dunia II  tak bisa ditampik kalau Rusia memang sungguh luar biasa. Di tiap lininya, Rusia memiliki kekuatan terbaik dengan jumlah yang masif. Entah itu tentara, sampai . Kekuatan militernya juga didukung oleh keuangan yang begitu fantastis.

Dengan semua yang dimiliki, maka tak heran kalau Rusia sangat ditakuti. Bahkan oleh Amerika yang dinilai sebagai juara dunia soal militer. Pertahanan milik Indonesia juga bisa belajar dari negara satu ini. 

Rusia merupakan negara yang mandiri dalam hal memenuhi kebutuhan pertahanannya dengan cara memproduksi sendiri, seharusnya Indonesia juga bisa memproduksi sendiri karena kita mempunyai sumber daya manusia yang banyak dan tak kalah pintar dari Rusia. 

Kekuatan tentara Rusia 
Jumlah tentara Rusia memang tak sebanyak Amerika atau Tiongkok. Namun, soal kualitas jangan ditanya. Anggota tentara Rusia rata-rata adalah anggota pasukan elit, termasuk Spetsnaz yang terkenal itu. Dengan mempertimbangkan jumlah serta kualitas, maka bisa dikatakan kalau tentara Rusia ini adalah yang terbaik.

Kekuatan darat Rusia 
Rusia saat memiliki tank sekitar 15.398 buah. Jumlah ini adalah yang terbanyak di dunia. Bahkan Amerika si jawara saja hanya memiliki 8.800an buah. Tak hanya punya tank dengan jumlah tak karuan, Rusia masih memiliki beberapa koleksi lain. Misalkan 31.298 buah kendaraan tempur lapis baja serta sekitar 3.793 mobil peluncur rudal. 

Kekuatan Udara Rusia Bagai Monster
Rusia tak hanya dikenal sebagai negara dengan kekuatan darat terbaik, tapi juga ketangguhan dirgantara paling mumpuni. Hal dibuktikan lewat banyaknya koleksi alutsista udara mereka yang jumlahnyabanyak. Misalnya adalah pesawat tempur, mereka memiliki sekitar 751 buah, sedangkan untuk jenis penyerang Rusia memiliki 1.438 buah.Tidak hanya sampai situ, Rusia juga memiliki hampir lima ratus helikopter tempur serta ribuan pesawat jenis lainnya.

Sebenarnya kalau soal jumlah, hal tersebut sama sekali bukan masalah bagi Rusia. Pasalnya, seperti yang kamu tahu, mereka selalu bisa bikin pesawat sendiri. Mau menambah beberapa ratus hanya masalah waktu saja. Indonesia juga banyak memiliki pesawat tempur asal Rusia.

Kekuatan Laut Rusia Sangat Mematikan
Berbicara soal kekuatan laut, Rusia juga tentu sangat menakutkan. Hal ini bisa dilihat lagi dari banyaknya jumlah armada-armada Navy mereka. Menurut Global Fire Power, Rusia memiliki cukup banyak kapal perang dalam berbagai jenis. Misalnya 81 buah Corvette, 15 Destroyer, serta 4 Frigates. 

Jangan lupa, mereka juga memiliki satu buah kapal induk raksasa.Tak habis sampai sana, Rusia juga masih menyimpan sekitar 60 buah kapal selam yang masing-masingnya memiliki daya hancur yang besar. 

Soal jumlah, lagi-lagi Rusia sebenarnya sangat bisa menambah alutsista-alutsista lautnya mengingat 
mereka adalah produsen. Jadi, mungkin hanya masalah situasi dan kondisi saja. Ketika dirasa perlu memperbanyak, mereka akan melakukannya tanpa perlu memikirkan banyak hal.

Kemampuan Beli Rusia yang Luar Biasa
Tak hanya alutsista dan jumlah tentara, kekuatan militer sebuah negara juga harus dilihat dari kekuatan uang mereka. Dan berbicara soal dana, Rusia adalah salah satu negara paling kuat. Diketahui, Rusia menganggarkan sekitar $46,6 miliar untuk militer tiap tahunnya. Sebagai perbandingan, Indonesia hanya menganggarkan sekitar $6,9 miliar saja.

Annisa Fadhilah
Mahasiswi Jurnalistik, Politeknik Negeri Jakarta

  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Belajarlah Dari Rusia untuk Hal Pertahanan Negara Rating: 5 Reviewed By: mindis.id