Latest News
Thursday, December 1, 2016

Awal Mula Mannequin Challenge

Baca Juga


mannequin challenge

Belakangan ini, publik dihebohkan dengan postingan video berdurasi pendek dengan tag line mannequin challenge. Video tersebut telah diunggah oleh netizen dari berbagi penjuru dunia hingga klub sepak bola dan atletnya. Bahkan Hillary Clinton juga membuat video mannequin challenge dalam kampanyenya ditemani oleh Bonjovi dan Bill Clinton.

Mannequin challenge adalah gerakan bebas meniru patung maneken selama 30 detik sampai satu menit kemudian direkam dan ditambahkan musik pengiring. Lagu yang paling sering digunakan adalah Black Beatles yang dinyanyikan oleh Rae Sremmurd. 

Namun, apakah kamu tahu siapa yang pertama kali memulai mannequin challenge? Ternyata mannequin challenge pertama kali dimulai di negara Amerika Serikat. Ide tersebut muncul ketika seorang siswa sekolah Edward H White High School di Jacksonville, Florida, berdiri mematung sendiri di depan kelas. Lalu salah seorang temanya ada yang berkata kepadanya, “Hey, kamu seperti mannequin!” Kemudian ia mengajak teman-temanya untuk ikut bersama menjadi mannequin. Dari situlah muncul ide untuk merekam video berdurasi pendek dengan tag line mannequin challenge. Video tersebut lalu diunggah ke akun Twitter pribadinya dan mendapat 4.000 like sejak saat pertama kali diunggah pada 12 Oktober 2016.

Meskipun rakyat Amerika Serikat menyatakan bahwa tren mannequin ini berasal dari negaranya, netizen Indonesia pun tak lantas mau mengakuinya. Mereka menyatakan, tren tersebut pertama kali dilakukan oleh orang Indonesia yang dibuktikan dengan video klip Desi Ratnasari, Tenda Biru. Di video klip tersebut, Desi berperan sebagai seseorang yang berjalan melewati sekumpulan maneken yang tengah berpesta.

Terlepas dari itu semua, ternyata tren mannequin challenge ini telah menyedot perhatian masyarakat dunia. Di Indonesia sendiri, tren maneken ini telah diikuti oleh para artis seperti Syahrini bersama Natasha Wilona, Fellicia, Angelista, Imanuel Caesar Hito, dan Ritchie Ismail dan di dalam video tersebut juga terdapat video behind the scene pembuatan mannequin challenge mereka. Raffi Ahmad dan tim produksi film Rafathar yang mematung saat mereka beraktivitas, Aming beserta istrinya yang membuat videonya di sebuah studio foto kecil di mana mereka memakai pakaian yang sama dengan Teuku Zacky dan Titi Rajo Bintang yang berpose seolah mereka sudah siap akan melakukan photo shoot

Dengan tren mannequin challenge ini, maka sosial media semakin berwarna serta menambah daya kreativitas masyarakat dengan ikut membuat challenge-nya sendiri. Semoga tren yang mendunia seperti ini juga dimulai dari kreator muda Indonesia dan dapat mengangkat nama baik bangsa.

*Hendra Laksono
Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia
Universitas Pamulang, Tangarang Selatan

Sumber gambar: hansboodmannequins.com
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Awal Mula Mannequin Challenge Rating: 5 Reviewed By: mindis.id