Latest News
Monday, November 21, 2016

Stres, “Ibu” dari Segala Penyakit

Baca Juga

stres

Ketika kalian sedang mengalami stres, apakah kalian sering mengeluh tidak enak badan? Atau bahkan bagi kalian yang memiliki alergi tertentu, stres bisa saja memberikan dampak yang buruk. Menurut Wikipedia bahasa Indonesia, stres adalah beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat. 

Banyak penelitian yang memaparkan bahwa stres, terutama stres psikis, merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya suatu penyakit. Oleh karena itu, sebagian orang menyebut stres sebagai “Ibu” dari segala penyakit. 

Menurut Andon Hestiantoro di dalam bukunya Masalah Gangguan Haid dan Infertilitas, stres dapat meningkatkan produksi Corticotropin Releasing Hormone (CRH) dari hipotalamus. Zat tersebut dapat memberikan pengaruh buruk pada produksi hormon tertentu, seperti hormon reproduksi.

Stres juga bisa menyebabkan jam tidur menjadi terganggu karena timbulnya perasaan gelisah, takut, hingga khawatir yang berlebihan. Hal tersebut memperberat kinerja otak sehingga sulit untuk memejamkan mata. Di saat pikiran menjadi tertekan maka akan muncul akibat-akibat lainnya. Seperti organ jantung akan terpaksa memompa darah lebih banyak yang bisa menyebabkan penyakit darah tinggi.

Sebuah penelitian di Ohio State University pada 2008 menyebutkan, hormon stres diyakini memicu produksi Imunoglobin E (IgE).  IgE merupakan protein dalam darah yang bisa menyebabkan reaksi alergi. 

Bahkan ada suatu fakta yang menyebutkan, orang yang mengalami stres, tiga kali lebih berisiko terkena sakit perut. Ketika syaraf otak menangkap sinyal stres, maka perut juga menangkap hal yang sama dan memberikan respons tertentu seperti rasa mulas. 

Penyakit maag juga bisa kambuh, karena stres dapat merangsang ACTH (Adrenocorticotropin Hormone) ke dalam sirkulasi darah dan akan mengalir ke kelenjar adrenal yang berada di atas ginjal. ACTH memberi perintah kepada kelenjar adrenal untuk memproduksi adrenalin dan noradrenalin yang berguna mempercepat ritme berbagai macam organ termasuk dalam produksi asam lambung. Asam lambung akan terus diproduksi walaupun lambung tidak berisi makanan apa pun dan menyebabkan kambuhnya penyakit maag. 

Untuk itu tidak salah jika sesekali kalian melakukan refleksi diri terhadap tekanan dari luar ataupun dari dalam. Stres bisa jadi sulit untuk dicegah namun tidak ada salahnya untuk dikurangi dan disiasati agar tidak merugikan diri. 

*Annisa Fadhilah 
Mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta

(Dari berbagai sumber)
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Stres, “Ibu” dari Segala Penyakit Rating: 5 Reviewed By: mindis.id