mindis.id
Latest News
Monday, November 28, 2016

Megaria, Gedung Bioskop Tertua di Jakarta

Baca Juga

bioskop

Bagi kalian penggemar film, Megaria atau biasa disebut Metropole XXI merupakan gedung bioskop tertua di Jakarta. Bagi yang pernah singgah di sana, tentu ingat dengan gedung bergaya kuno tersebut. Ternyata hal tersebut adalah keutamaan tersendiri yang dipelihara oleh pihak pengelola untuk mempertahankan suasana klasik sebagai nilai lebih.

Gedung Megaria di bangun pada 1932 dan pada 1951 menjadi bioskop pertama yang ada di Jakarta. Gedung film tersebut terletak di Jalan Pegangsaan No 21. peresmian gedung film tersebut ketika itu dihadiri oleh beberapa tokoh nasioanl, yakni Rahmi Rachim (istri dari mantan Wapres, Mohammad Hatta), Sultan Hamengkubuwono IX, dan Haji Agus Salim. Dengan film pertama yang diputarkan adalah Annie Get Your Gun yang diperankan oleh George Sydney pada 1950.

Gedung film ini menempati sebuah bangunan bergaya Art Deco, dengan beberapa ornamen yang melekat di dalamnya, seperti mozaik, lukisan, dan beberapa ukiran sederhana yang menghiasi dindingnya. Sebelumnya gedung film ini sudah beberapa kali mengalami pergantian nama. Awalnya gedung film ini bernama Metropole tetapi nama tersebut berbau asing, maka atas perintah Presiden Soekarno, gedung film ini diganti nama menjadi Megaria pada 1960. Setelah itu pada masa pemerintahan Orde Baru, gedung film ini berganti nama kembali menjadi Megaria Theatre. Hingga pada 1989 gedung film ini disewa oleh jaringan bioskop Cineplex 21 dan namanya pun berubah menjadi Metropole 21. Nama Metropole 21 sempat berubah menjadi Megaria 21 hingga akhirnya bernama Metropole XXI hingga saat ini.

Karena terpeliharanya bentuk bangunan gedung film Metropole XXI ini, pada 1993 Gubernur DKI Jakarta menetapkan bahwa bangunan gedung film Metropole XXI sebagai bangunan cagar budaya kelas A yang dilindungi.
*Hendra Laksono
Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

(dari berbagai sumber)
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Megaria, Gedung Bioskop Tertua di Jakarta Rating: 5 Reviewed By: mindis.id