mindis.id
Latest News
Wednesday, November 30, 2016

Lunula, Si “Indikator” Penyakit

Baca Juga


Bagi kalian yang suka membaca artikel kesehatan, tentu pernah mendengar tentang lunula? Ya, lunula adalah tanda yang berbentuk seperti bulan sabit atau setengah lingkaran berwarna putih di akar kuku. 

Menurut sebagian orang, lunula ini merupakan salah satu petunjuk mengenai kesesahatn seseorang. Artinya, kita dapat mengetahui keadaan seseorang dengan melihat kukunya saja. Akan tetapi, bagaimana jika mereka memiliki lunula dengan bentuk dan warna yang berbeda atau tidak memiliki lunula sama sekali? Apakah orang tersebut terancam sakit kronis?

Berdasarkan penjelasan seorang dokter dari www.alodokter.com, lunula akan tetap ada walaupun kuku sudah tercabut sepenuhnya. Berdasarkan beberapa penelitian, lunula bisa diindakasikan dengan beberapa kondisi tubuh sebagai berikut.
  1. Jika seseorang tidak memiliki lunula sama sekali, biasanya menandakan adanya anemia atau malnutrisi.
  2. Lunula yang berwarna biru pucat menandakan adanya diabetes mellitus.
  3. Lunula berwarna merah bisa jadi pertanda adanya penyakit jantung dan pembuluh darah.

Akan tetapi, hal tersebut bukanlah diagnosa pasti dari keadaan seseorang. Bisa jadi ada hal-hal lain yang mendasarinya dan tidak diketahui oleh masyarakat awam. Alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter yang bersangkutan dan dapat ditindaklanjuti sesuai prosedur medis.

*Miftahur Rahmi
Mahasiswa Jurnalistik
Politeknik Negeri Jakarta

(dari berbagai sumber)
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Lunula, Si “Indikator” Penyakit Rating: 5 Reviewed By: mindis.id