mindis.id
Latest News
Wednesday, November 30, 2016

Kadar Hormon dalam Tubuh Perlu Seimbang

Baca Juga



Menyeimbangkan kadar hormon perlu dilakukan oleh setiap orang, sebab kelebihan dan kekurangan hormon dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh. Tubuh kita ibarat ekosistem yang harus dipelihara dengan baik. Makanan dan kebiasaan kita sehari-hari bisa mempengaruhi kesehatan kita secara umum, termasuk kadar hormon. Untungnya, ada hal-hal yang bisa kita lakukan setiap hari untuk membuat kadar hormon kita tetap seimbang.

Testosteron

Selain meningkatkan kekuatan tulang dan otot, Testosteron sangat penting dalam perkembangan tubuh  remaja laki-laki selama pubertas dan untuk memproduksi sperma laki-laki dewasa.
Menu makanan berperan besar dalam Testosteron. Produk kedelai seperti tahu, tepung terigu dan terlalu banyak minuman beralkohol dapat menurunkan kadar hormon. Sementara buah anggur, delima, ikan tuna dan telur merupakan makanan yang bisa meningkatkan kadar testosteron.

Estrogen

Menu makan juga berperan terhadap kadar estrogen, hormon wanita yang mengatur siklus menstruasi dan berpengaruh terhadap pertumbuhan payudara dan melindungi tulang. Menyeimbangkan berat badan juga dapat membantu mengatur kadar estrogen, karena berat badan di bawah normal dapat mengurangi produksi hormon dalam tubuh, sementara kadar hormon estrogen tinggi bisa menyebabkan kanker payudara.

Biji-bijian, kedelai, buah-buahan dan sayuran dapat membantu menjaga keseimbangan kadar hormon estrogen, terutama brokoli, kembang kol dan kubis.

Adrenalin

Hormon ini terkait stres, Hormon ini bisa memberi kita energi selama kondisi tubuh yang aktif dan mendorong darah ke otot-otot kita dan meningkatkan kekuatan. Tetapi memiliki kadar adrenalin tinggi saat kondisi tubuh sedang tidak sibuk  bisa menyebabkan pusing, mudah marah, gelisah dan gejala kecemasan lainnya. Salah satu cara terbaik untuk mengendalikan adreanalin ialah dengan mengelola stress.

Ada cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres, misalnya dengan meditasi dan aktifitas fisik. Latihan kesadaran juga telah terbukti mengurangi kecemasan dan memfokuskan kembali indera kita terhadap lingkungan sekitar, latihan tersebut termasuk mengatur pernafasan, mengkonsumsi minuman panas atau mendengarkan suara-suara di sekeliling Anda.

Kortisol

Kortisol merupakan hormon lain yang terkait dengan stres. Kortisol mengatur keseimbangan cairan dan tekanan darah. Di luar situasi stress, hormon ini mempengaruhi dorongan seks, kekebalan tubuh, dan pencernaan. 

Tetapi kadar tinggi yang kronis dapat menekan sistem kekebalan tubuh, dorongan seks yang lebih rendah dan meningkatkan tekanan darah, serta berkontribusi terhadap perubahan fisik seperti jerawat dan obesitas. Mengelola stres seperti halnya Anda mengatur hormon adrenalin akan memberikan efek yang sama terhadap hormon kortisol.

Insulin

Olahraga dapat bermanfaat dalam mengatur kadar hormon insulin, terutama bagi penderita diabetes, karena dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Bagi penderita diabetes, kuncinya ialah tetap menjaga insulin dan kadar gula darah dan tak terlalu banyak berolaharaga. Terlalu banyak aktivitas fisik tanpa menyesuaikan kadar gula darah dapat menyebabkan hipohlikemia, yaitu kondisi gula darah yang terlalu rendah dan berpotensi menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius.


*Annisa Fadhilah 
Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta 

Diolah dari berbagai sumber 

Sumber gambar : http://ekstrembilgi.com/

  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kadar Hormon dalam Tubuh Perlu Seimbang Rating: 5 Reviewed By: mindis.id