mindis.id
Latest News
Tuesday, November 22, 2016

Indonesia Menari 2016: Seni Tari di Era Kekinian

Baca Juga

Indonesia Menari

Indonesia dikenal sebagai negara yang penuh kemajemukan budaya dan tradisi. Tidak sedikit warga negara asing yang ingin mendalami budaya dan tradisi Indonesia, salah satunya kesenian. Namun seperti kata pepatah, rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau, sebagian warga Indonesia sendiri justru terlihat tidak peduli dengan kekayaan negerinya sendiri. 

Beberapa tahun yang lalu Indonesia sempat kecolongan. Beberapa kearifan kesenian daerahnya justru digembar-gemborkan oleh negara lain sebagai hak milik. Tentu, kehilangan sekali membuat banyak pihak mulai menggalakkan berbagai kegiatan terkait kelestarian budaya dan tradisi daerah, termasuk di dalamnya kesenian.

Salah satunya adalah Indonesia Menari 2016 yang baru saja berlangsung pada 20 November 2016. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Yayasan Bakti Budaya Djarum Foundation yang bertujuan untuk mengenalkan dan memberdayakan seni tari daerah yang ada di Indonesia. 

Tahun kelima pelaksanaan Indonesia Menari diikuti oleh 1.500 peserta dari berbagai latar belakang. Dimulai dari anak-anak usia 4 tahun hingga dewasa usia 48 tahun semarak mengikuti gerakan tarian yang sudah terlebih dahulu dihafalkan. Promosi acara ini juga hanya dilakukan melalui media sosial sehingga pihak penyelenggara cukup terkejut melihat jumlah peserta yang membludak.

Mulanya Indonesia Menari diselenggarakan secara outdoor saat car free day Jakarta tetapi pada tahun berikutnya hingga kini, memasuki tahun kelima, acara tersebut diselenggarakan secara indoor di pusat perbelanjaan Grand Indonesia, Jakarta Pusat. Perpindahan tempat penyelenggaraan dikarenakan pusat perbelanjaan atau mal merupakan tempat yang sering dikunjungi anak muda, sesuai dengan target peminat acara Indonesia Menari. 

Pada penyelenggaraan Indonesia Menari 2016 ini, gerakan wajib yang harus dibawakan dan kemasan lagu pengiring dibuat secara kekinian dengan memasukan gerakan dan musik modern tanpa meninggalkan unsur tradisional Indonesia. “Kekinian membuat anak muda keren dan anak muda ingin terlihat keren. Anak muda adalah target acara ini,” ujar Renitasari Adrian selaku Director Program Bakti Budaya Djarum Foundation. 

*Annisa Fadhilah
Mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta

(Dari berbagai sumber)
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Indonesia Menari 2016: Seni Tari di Era Kekinian Rating: 5 Reviewed By: mindis.id