mindis.id
Latest News
Wednesday, November 30, 2016

Gue Sih Nggak Mau Munafik!

Baca Juga

anak gaul

Di zaman sekarang, kita tidak bisa menampik dugaan bahwa budaya kehidupan semakin bebas. Jalur informasi yang semakin terbuka dan mudah diakses siapa pun mengakibatkan arus budaya susah dikendalikan. Hal ini menyebabkan masuknya budaya asing tanpa terkendali.

Arus budaya yang cukup deras dan tidak adanya persiapan mental bagi para penerima informasi, menyebabkan terjadinya degresi (penyimpangan) budaya. Mulai berkembangnya budaya hedonisme sebagai salah satu tanda degresi budaya di Indonesia. Ini terlihat dari gaya pergaulan sebagian masyarakat muda yang mulai cenderung terlihat tidak malu-malu lagi menggumbar sesuatu yang tak seharusnya diperlihatkan. 

Salah satunya artis media sosial yang terkenal lewat gaya hidup “hedon”-nya dan ucapan-ucapan yang bermakna negatif. Masa muda yang dahulunya berprestasi saat ini justru tampil vulgar dan kasar. Anehnya, malah banyak anak muda yang mengidolakan sosok tersebut. Hal tersebut diperkuat lewat lirik lagu yang dinyanyikannya, “Gue cuman pengen tetep jadi apa adanya…. Daripada disukai tapi munafik aslinya.

Kata-kata dari lirik lagu tersebut bukan kali ini menjadi “senjata” sebagian orang untuk pembelaan diri. Juga terasa sebagai kalimat yang “benar” untuk melakukan tindakan yang menyimpang. Akan tetapi jika kita kaji bersama, siapa sebenarnya yang munafik? 

Orang-orang yang sedang berusaha menjadi baik di depan banyak orang walaupun sebelumnya ia pernah “buruk” atau orang yang justru tadinya baik namun sekarang menjurus ke arah pergaulan yang menyimpang?

Jika orang-orang yang berusaha menjadi baik dianggap sebagai orang yang munafik maka apa gunanya sekolah sebagai lembaga pendidik moral? Justru bukankah orang-orang yang berusaha menjadi baik adalah orang yang belajar untuk baik? Padahal itu merupakan sebuah proses yang harus dilalui, belajar dan mengamalkan kebaikan. Jadi, tidak perlulah berdalih tampil apa adanya untuk sebuah perlakuan yang meyimpang dan membenarkannya hanya karena “tidak munafik”.
 
Dengan penjelasan di atas, teman-teman tentu paham kan apa sebenarnya maksud dari  kalimat, “Gue sih nggak mau munafik”? 

Hendra Laksono
Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Sumber gambar: reference.com



  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Gue Sih Nggak Mau Munafik! Rating: 5 Reviewed By: mindis.id