Latest News
Wednesday, November 23, 2016

Indonesia Kalah dari Thailand, Ini Penjelasannya!

Baca Juga



Gelaran Piala AFF 2016 resmi dibuka pada tanggal 19 November 2016. Kejuaraan sepak bola ASEAN yang diselenggarakan di Myanmar dan Filipina itu pun mempertemukan dua musuh bebuyutan, yaitu antara Thailand dengan Indonesia sebagai partai pembuka. Di laga tersebut, Thailand berhasil keluar sebagai pemenang sekaligus menegaskan dominasinya atas Timnas Indonesia. Apakah sebab dari capaian anti klimaks tim garuda pada laga yang dihelat di Philippine Sport Stadium itu? Berikut analisanya.

Penampilan Basna yang di Bawah Standar

Kekalahan pertama yang dialami Indonesia dari Thailand di laga penyisihan Grup A Piala AFF 2016 tidak terlepas dari buruknya koordinasi lini pertahanan Tim Garuda. Kurangnya kesigapan serta kecermatan para pengawal benteng pertahanan terakhir Timnas dalam membaca pergerakan pemain Thailand yang datang dari lini kedua membuat Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor 4-2.

Pada laga tersebut, beberapa punggawa Timnas Merah Putih pun tampil di bawah standar permainannya. Tak terkecuali, Rudolof Yanto Basna. Basna yang biasanya bermain lugas, tampil seperti demam panggung di laga itu dengan beberapa kali melakukan blunder. Tanpa bermaksud untuk mendiskreditkan, dua kegagalannya dalam melakukan sapu bersih berakibat pada dua gol yang masing-masing diciptakan oleh Peerapat Notchaiya dan Teerasil Dangda di paruh babak pertama. Hal itu sungguh disayangkan, mengingat dirinya adalah harapan bagi Timnas Indonesia.

Permainan Efektif Tanpa Kompromi Thailand

Indonesia sejatinya bermain bukan tanpa peluang. Gawang yang dijaga oleh Thamsatchanan, tidak serta-merta luput dari ancaman yang datang dari Boaz Solossa dkk. Tercatat, penjaga gawang dengan tinggi 182 cm ini harus berjibaku mengamankan gawangnya dari kebobolan dengan melakukan tiga penyelamatan penting. Meskipun demikian, penyelesaian akhir para punggawa Thailand memang lebih baik ketimbang Timnas Indonesia. Itu terlihat dari total empat tendangan mengarah ke gawang yang berhasil menjadi gol. Berbeda dengan Indonesia yang melepaskan lima tendangan ke gawang dan hanya mampu menghasilkan gol lebih sedikit. Tajamnya lini serangan Thailand dalam mengkonversi peluang gol pun menjadi alasan mereka keluar sebagai pemenang di laga tersebut.

 Kegagalan Memanfaatkan Kelemahan Thailand

Asa sempat membumbung tinggi pada Timnas Indonesia. Indonesia yang sempat tertinggal dua gol di babak pertama sebenarnya berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Boaz Salossa dan Lerby Eliandry. Menariknya kedua gol yang masing-masing dicetak pada menit ke-53 dan menit ke-59 itu, sama-sama berasal dari tandukan kepala. Hal itu menunjukkan adanya kelemahan lini pertahanan tim gajah putih dalam mengantisipasi bola-bola crossing karena perbedaan postur tubuh antara kedua tim itu pun terbilang tidak terlalu mencolok. Namun kelemahan tersebut gagal dimanfaatkan oleh tim garuda sehingga Indonesia terpaksa mengakui keunggulan Thailand melalui tambahan dua gol lainnya dengan skor akhir 4-2.

Gemilangnya Teerasil Dangda

Keberhasilan Thailand mengamankan tiga poin pada fase grup melawan Indonesia tidak terlepas dari performa Teerasil Dangda yang onfire. Bagaimana tidak, kapten tim gajah putih ini berhasil mencatat hattrick di laga tersebut. Gol spektakulernya dari luar kotak penalti serta dua gol lain kreasinya menegaskan dirinya sebagai momok yang menakutkan bagi Timnas Indonesia. Alhasil, Thailand kini nyaman menduduki posisi puncak Grup A penyisihan Piala AFF 2016.

Demikianlah beberapa analisa sebab kekalahan Indonesia melawan Thailand di fase penyisihan grup Piala AFF 2016. Meskipun dilanda kekalahan, peluang Indonesia untuk lolos ke babak selajutnya masih terbuka karena masih terdapat dua tim lain, Singapura dan Filipina, sebagai lawan selanjutnya. Dengan hasil pertandingan tersebut, Indonesia kini berada di dasar klasmen sementara Grup A. Semoga tim garuda mampu untuk bangkit dan memenangi laga-laga selanjutnya. Indonesia, kami mendukungmu!

*Yuga Andika Ramadhan
Mahasiswa Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Sumber foto : solopos.com
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Indonesia Kalah dari Thailand, Ini Penjelasannya! Rating: 5 Reviewed By: mindis.id