mindis.id
Latest News
Wednesday, November 30, 2016

Fakta di Balik Film Moana

Baca Juga




MOANA merupakan proyek film Disney untuk mengeksplorasi sejarah, budaya, dan cerita rakyat laut Polinesia. Tokoh utama dari animasi ini adalah seorang manusia setengah dewa, Maui dan seorang gadis Hawaii bernama Moana

Selain latar belakang ceritanya yang berbeda, film yang juga digarap oleh kreator FROZEN dan ZOOTOPIA ini memiliki fakta-fakta menarik di balik pembuatanya.

1. Kisah MOANA berasal dari sejarah 

Kisah MOANA dipercaya terjadi pada 2.000 tahun yang lalu. Hal ini berdasarkan pada sejarah ketika bangsa Polinesia menjadi bangsa petualang paling terkenal sedunia. Sayangnya, legenda ini menghilang begitu saja setelah 1.000 tahun. Oleh sebab itu duo Ron Clements dan John Musker mencoba mengangkat kisah yang hilang ini dalam bentuk film animasi MOANA agar kisahnya dikenali oleh generasi zaman sekarang.

2. Proses produksi 5 tahun

Siapa bilang bikin film animasi komputer 3D tidak memakan waktu yang lama? Buktinya, proses penggarapan MOANA saja sampai menghabiskan waktu sekitar 5 tahun. Proses yang dimaksud di sini termasuk perjalanan riset ke Fiji, Samoa, dan Tahiti yang dilakukan oleh sutradara Clements dan Musker agar dapat bertemu dengan masyarakat Pasifik Selatan untuk belajar tentang budaya mereka. 

3. Kolaborasi orang Polinesia 

Selain melibatkan orang Polinesia asli dalam perjalanan risetnya, proses produksi MOANA ternyata juga berusaha agar para pengisi suara maupun musisi yang terlibat  merupakan orang keturunan Polinesia. Lihat aja buktinya Auli’i Cravalho, yang berasal Hawaii, dan Dwayne Johnson yang juga berdarah Samoa. Selain itu, ada pula Opetaia Foa’I, musisi asal Samoa yang merupakan anggota band Te Vaka.

4. MOANA merupakan film animasi tercanggih yang pernah dibuat Disney

Fakta mengejutkan di balik animasi ini adalah kecanggihan teknologi yang digunakan oleh Disney. Pada pembuatannya, sebetulnya teknologi yang digunakan oleh animator Disney kala itu tidaklah secanggih zaman sekarang. Faktanya, MOANA justru menggunakan 80% pengambilan gambar visual efek, lebih banyak 30% dari pembuatan animasi BIG HERO 6. 

Visual efek yang paling banyak digunakan adalah grafis untuk laut dan air. Saking susahnya bahkan tim animator MOANA sendiri merasa kesulitan dan tak percaya bahwa animasi ini dapat diselesaikan 5 tahun yang lalu dengzn teknologi tidak secanggih saat ini. Tidak heran, jika seminggu penanyangannya, MOANA sudah menduduki peringkat teratas box office Amerika Serikat.

5. Keterlibatan Maudy Ayunda 

Talenta Tanah Air yang juga terlibat dalam proyek film MOANA adalah penyanyi dan aktris cantik asal Indonesia Maudy Ayunda. Dia dipercaya untuk membawakan soundtrack MOANA dalam bahasa Indonesia, yaitu Seberapa Jauh Ku Melangkah (How Far I’ll Go)


*Annisa Fadhilah
Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta 


Sumber gambar : http://img.lum.dolimg.com/ 

  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Fakta di Balik Film Moana Rating: 5 Reviewed By: mindis.id