Latest News
Wednesday, November 30, 2016

Balada Hang Out Anak Kos

Baca Juga


Kehidupan kampus selalu penuh dengan hal-hal baru dan sukacita. Salah satunya pengalaman tinggal di kos. Kehidupan kamu yang semulanya tenteram dan damai, tiba-tiba harus berubah ketika tinggal di sini. Sepenuhnya aturan adalah milikmu. Mulai dari hal-hal seperti penataan tempat tidur, lemari, menu sarapan pagi, hingga uang bulanan.

Perihal uang, sepertinya menjadi momok yang sangat diperhitungkan bagi kamu yang ngekos. Bisa saja orang menilai kamu menjadi sangat pelit, padahal di dalamnya, ada angka-angka yang selalu berputar di kepalamu.

Seperti ketika jalan-jalan atau hang out bersama teman-teman ke pusat perbelanjaan. Kira-kira apa saja ya, yang ada di kepala anak kos? Yuk kita bahas!

Selain pusing memikirkan baju apa yang akan dipakai besok, anak kos biasanya lebih pusing menjatah uang untuk berbelanja
Nah lho? Biasanya untuk pergi hang out keesokan harinya, kamu sudah memikirkan ingin memakai baju apa dan padu padannya seperti apa, bukan? Terlebih bagi kaum perempuan. Ternyata, anak kos juga sibuk menjatah uang untuk keperluan besok. 

Uang yang dikirim per bulan oleh orang tua adalah jatah hidupmu untuk satu bulan, bukan untuk besok saja. Jadi, jangan heran kalau anak kos selalu mengecek persediaan jumlah uang di rekeningnya.

Ketika waktu makan tiba, mata anak kos tak lepas dari daftar harga di samping deretan menu
Untuk sebagian orang, menikmati makanan di pusat perbelanjaan menjadi kesenangan tersendiri. Bagi anak kos yang biasanya menikmati makanan warteg, kini bisa memanjakan lidah dengan makanan-makanan berbeda. Bisa jadi junk food, makanan korea, atau hidangan ala western

Tapi tetap saja, hitungan anak kos adalah uang yang tersedia di kantong. Ngiler sekalipun, harus tetap pertahankan kantong untuk kehidupanmu di hari berikutnya ya! *hiks

Di saat teman-temanmu tergiur dengan diskon besar-besaran, anak kos harus tetap menjaga alam sadarnya
Pusat perbelanjaan identik dengan diskon untuk menarik perhatian pembeli. Terlebih untuk hari-hari tertentu seperti akhir pekan, Tahun Baru, menjelang Lebaran, dan sebagainya. Siapa sih yang tetap tidak tergoda melihat diskon besar itu? Tentu saja, anak kos. Mereka harus menjaga pikiran agar tetap netral dan tidak tergoda. Biasanya, sekali bablas maka sulit untuk berhenti. Jadi, perhitungan sekali ya?

Fakta di atas mungkin beberapa hal yang sering dialamai oleh anak kos dengan uang bulanan yang pas-pasan. Bukan berarti menyiksa diri, tapi anggaplah ini pelajaran untuk menggunakan sumber daya dengan sebaik-baiknya. Ayo, pengeluaran kamu bulan ini sudah lewat target belum?


*Miftahur Rahmi
Mahasiswa Jurnalistik
Politeknik Negeri Jakarta


(dari berbagai sumber)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 comments:

Item Reviewed: Balada Hang Out Anak Kos Rating: 5 Reviewed By: mindis.id