Latest News
Saturday, October 1, 2016

Surga di Kepulauan Seribu

Baca Juga


DKI Jakarta sebagai jantung ibu kota dan tercatat sebagai kota metropolitan, banyak menyimpan rahasia di dalamnya. Selain kemacetan yang menghiasi setiap detiknya, ternyata Jakarta juga menyimpan surga. Surga indah yang dimiliki oleh Kota Jakarta, salah satunya adalah Kepulauan Seribu, yang biasa dikenal dengan sebutan Pulau Seribu.
Kepulauan Seribu berjarak sekitar puluhan kilometer di bagian utara Ibu Kota Jakarta. Karena banyaknya jumlah pulau tersebut, sehingga dinamakan Pulau Seribu. Kepulauan Seribu memiliki sekitar 110 pulau yang tersusun rapi. Di antara pulau-pulau tersebut, ada yang berpenghuni dan ada juga yang tidak berpenghuni.
Banyak wisatawan dari berbagai mancanegara yang sudah mendatangi pulau-pulau yang terdapat di Kepulauan Seribu. Tak jarang warga Jakarta yang mengetahui keindahan di dalam Kepulauan Seribu. Tempat wisata yang disediakan di Kepulauan Seribu, tak kalah dengan tempat wisata indah yang  banyak didatangi oleh para wisatawan mancanegara yang tersebar  di beberapa pulau di Indonesia.
Tempat wisata yang berlokasi tidak jauh dari Kota Jakarta, banyak menyediakan fasilitas menarik, seperti bermain banana boat, snorkeling, diving, dan memancing. Bahkan kita bisa bersepeda dan menikmati sunrise maupun sunset di pulau ini. Banyak juga yang menyediakan makanan khas dari Kepulauan Seribu dengan cita rasa yang begitu sedap dan membuat ketagihan.
Mengungkap Surga Didalam Kepulauan Seribu
Pulau KaryaPulau ini memang belum banyak yang mengetahui keberadaannya. Pulau yang terletak di seberang Pulau Pramuka menyediakan tempat untuk camping dengan keamanan yang terjamin, karena terdapat kantor kepolisian di pulau ini, sehingga kalian tidak perlu takut untuk mendirikan tenda dan camping dengan suasana yang tenang serta nyaman. Tempat ini pula menyediakan fasilitas toilet dengan air bersih dan terdapat beberapa tempat jajanan dengan harga yang terjangkau. Untuk sampai di Pulau ini kalian dapat menyebrang dengan ojek kapal yang bertarif sekitar Rp4.000/orang dengan waktu tempuh sekitar 10 menit dari Pulau Pramuka.

Pulau Ayer
Tempat wisata ini menyediakan pemandangan indah dengan suasana yang membawa pengunjung seperti sedang berada di Raja Ampat, Papua dengan pemandangan bawah laut yang indah dan banyak pula didirikan cottage dengan etnik Papua yang didirikan diatas laut pada Pulau ini. Pulau yang dijuluki sebagai Mutiara Kepulauan Seribu, sering menjadi tempat peristirahatan Bung Karno sejak tahun 1950. Pulau yang berjarak sekitar 14 km dari Pantai Marina Ancol memiliki keindahan yang tak kalah dengan pulau-pulau lain, banyak terdapat hewan seperti biawak dan sebagainya yang hidup bebas di pulau ini.

Pulau Semak DaunPulau ini terkenal di kalangan traveler sebagai pulau yang cocok untuk camping. Pulau ini banyak di tumbuhi pohon-pohon besar, dan semak-semak, sesuai dengan namanya, Pulau Semak Daun selain itu juga, memiliki pantai dengan pasir putih yang halus, serta cocok digunakan untuk kalian para backpacker. Namun, ketika kalian berada di pulau ini, kalian tidak akan menemukan tempat penginapan, dikarenakan pulau ini salah satu pulau tak berpenghuni. Meskipun tidak berpenghuni, pulau yang tidak terlalu besar ini, memiliki fasilitas toilet yang bersih dan juga terdapat satu warung untuk menunjang aktivitas camping yang kalian adakan di pulau ini. Untuk sampai di pulau ini kalian harus transit terlebih dahulu di Pulau Pramuka, setelah itu kalian dapat menumpang ojek kapal dengan tarif yang tidak begitu mahal.

Pulau BiraPulau Bira banyak menyembunyikan keindahan di dalamnya, pulau yang tersembunyi di Kepulauan Seribu menyuguhkan keindahan pemandangan yang menakjubkan dan belum banyak wisatawan yang mengunjungi pulau ini. Jarak tempuh dari Pelabuhan Muara Angke hingga sampai ke pulau ini, diperlukan waktu tiga jam perjalanan.  Pulau yang menyediakan hanya beberapa penginapan saja, dan banyak yang belum mengetahui, menjadi tempat yang cocok untuk menghilangkan penat akan rutinitas yang padat di setiap harinya. Jika kalian ingin bermain-main di pulau ini, kalian harus waspada, karena di pulau ini banyak terdapat bulu babi, apabila tertusuk durinya, akan menyebabkan demam yang sangat hebat, karena terinfeksi racun yang terdapat pada bulu babi tersebut. Selain itu disini kalian dapat menikmati pemandangan indah, dapat melihat bintang-bintang dan udara yang sejuk, selain itu keindahan bawah laut Pulau Bira menunjang untuk kalian yang hobi snorkeling ataupun diving.

Pulau PutriPulau lain yang tak kalah indahnya adalah Pulau Putri. Pulau yang terletak di Kepulauan Seribu ini memiliki pesona keindahan bawah laut yang keren, dan terdapat Taman Nasional Laut Pulau Seribu yang sangat mempesona. Kalian bisa menyaksikan sunset di pulau ini dengan menggunakan perahu. Pulau ini juga menyediakan beberapa penginapan, sehingga memudahkan wisatawan untuk beristiharat. Kalian akan disuguhkan dengan pemandangan indah dengan sunset yang begitu mempesona yang bisa disaksikan di pulau ini.

Pulau KotokPulau Kotok merupakan salah satu pulau yang cocok untuk kalian yang hobi snorkeling ataupun diving. Pulau ini merupakan tempat yang cukup menarik di Kawasan Kepulauan Seribu untuk menyelam. Pulau ini menyediakan wahana asik untuk kalian menghilangkan penat, kalian akan dimanjakan dengan fasilitas banana boat, jetski, dan keindahan bawah laut yang masih asli, dan banyak yang belum menjamahnya. Selain itu banyak didirikan penginapan, sehingga memudahkan kalian untuk dapat bermalam di pulau ini.

Pulau OnrustPulau tak berpenghuni ini, menjadi salah satu tempat wisata yang orang banyak belum mengetahuinya. Pulau yang berdekatan dengan Pulau Bidadari cocok untuk kalian yang suka camping.Di pulau  ini kalian dapat menemukan bangunan-bangunan bersejarah pada masa colonial Belanda, dan terdapat makam keramat  di sekitar pulau ini. Pulau Onrust menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Kepulauan Seribu. Ketika kalian sampai di pulau ini, nyali kalian akan di uji, sesampainya di pulau ini kalian akan disuguhkan oleh pemandangan bangunan tua dan suasana angker yang menghiasi pulau ini.

Jadi, kalian dapat memilih untuk berlibur akhir pecan. Banyak pulau-pulau dengan suasana yang berbeda-beda. Jika kalian ingin camping kalian bisa berkunjung ke Pulau Semak Daun, Pulau Karya, Pulau Onrust dan sebagainya. Jika kalian ingin bermalam dengan santai kalian dapat berkunjung ke Pulau Ayer, Pulau Bira, Pulau Putri, Pulau Kotok dan sebagainya. Jangan lewatkan keindahan di bagian utara Ibu Kota Jakarta, kalian bisa mengunjungi pulau ini dengan menggunakan kapal dari Pelabuhan Muara Angke, dari Pantai Marina Ancol, maupun dari pelabuhan lainnya yang terdapat dibeberapa daerah di Kota Jakarta. *Novellia Narulita

(dari berbagai sumber)
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Surga di Kepulauan Seribu Rating: 5 Reviewed By: mindis.id