mindis.id
Latest News
Monday, October 3, 2016

Mengapa Celengan Identik dengan Babi?

Baca Juga


Celengan merupakan salah satu alat yang digunakan sebagai tempat penyimpanan uang di rumah. Alat ini dahulunya biasa dibuat dari tanah liat yang dibentuk menjadi wadah yang memiliki ruang di dalamnya. Pada bagian atas, wadah ini diberi lubang sebagai tempat memasukkan uang. Dari sekian banyak bentuk, ternyata bentuk babi menjadi bentuk paling identik untuk celengan. Lihat saja film-film kartun yang ada di televisi. Mayoritas, mereka menggunakan bentuk babi sebagai celengan. Pertanyaanya, mengapa harus bentuk babi yang menjadi bentuk identik dari celengan?

Dari berbagai sumber yang kami peroleh, hal ini berawal di Inggris pada abad pertengahan. Tanah liat oranye yang disebut pygg (dibaca pug menurut dialek Inggris abad pertengahan) dijadikan bahan utama pembuat wadah rumah tangga yang di antara fungsinya adalah sebagai toples penyimpan koin. Toples tersebut memiliki lubang slot untuk memasukan koin ke dalamnya. Namun, saat ingin mengambil kembali koin di dalamnya, mereka harus memecahkan toples tersebut. Saat lafal Inggris mulai diperbaiki, yaitu sekitar tahun 1400–1700, kata pygg tidak lagi dibaca pug, melainkan pig. Saat itulah, perajin di Inggris mulai mengubah bentuk celengan yang tadinya sederhana menjadi bentuk yang menarik, yaitu babi.

Hal itu juga terjadi di Indonesia. Tepatnya dimulai pada saat Kerajaan Majapahit, sekitar tahun 1300 Masehi. Pada saat itu, sejumlah koin keping China diimpor ke Majahapahit. Sebenarnya Kerajaan Majapahit telah memiliki koin emas dan perak. Namun, karena tingkat kesejahteraan masyarakat pada masa itu mulai meningkat, kebutuhan akan nilai tukar yang lebih rendah dibutuhnkan sehingga kerajaan mengimpor koin-koin tersebut. Akibat kejadian ini, masyarakat akhirnya mulai membutuhkan tempat penyimpanan koin. Kemudian munculah wadah penyimpan uang yang berbentuk babi hutan. Karena bentuknya yang mirip babi hutan, masyarakat menamakan benda itu sebagai celengan. Hal itu dikarenakan, pada masyarakat Jawa, babi hutan dikenal dengan nama celeng.

Nah, Guys, sekarang sudah tahu kan mengapa celengan identik dengan babi? Semoga informasi ini bermanfaat ya! *Hendra Laksono

(dari berbagai sumber)

  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Mengapa Celengan Identik dengan Babi? Rating: 5 Reviewed By: mindis.id