mindis.id
Latest News
Tuesday, October 11, 2016

Gebrakan dan Gagasan Anies Baswedan, Akankah?

Baca Juga


Anies Baswedan, menjadi satu lagi nama yang menghiasi persaingan menuju kursi pemimpin DKI. Berdampingan dengan Sandiaga Uno, Anies Baswedan maju menjadi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Bila membandingkan dirinya dengan calon gubernur lainnya, Anies Baswedan dapat dikatakan lebih dahulu berkecimpung di dunia politik nasional. Mengingat, dirinya pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Apa saja prestasi dan gebrakan dari pribadi yang juga sukses menjadi juru bicara Jokowi-JK pada saat kampanye pemilihan umum presiden itu? Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Kuningan, Jawa Barat, mejadi tempat kelahiran seorang intelektual dan akademisi dengan nama lengkap Anies Rasyid Baswedan, PhD., salah satu sosok visioner yang dimiliki negeri ini. Pribadinya yang kaya akan pengalaman dari pergerakan dan interaksi lintas kelompok, menawarkan cara pandang baru dalam melihat persoalan di Indonesia. Terutama di bidang pendidikan. Menurutnya, pendidikan adalah eskalator untuk menaikkan posisi rakyat jelata dari ketertinggalan dan ketergantungan menjadi kemajuan dan kemandirian. Salah satu gagasannya, ia ekspresikan dalam bentuk program Gerakan Indonesia Mengajar yang cukup menginspirasi. 

Didasari keinginannya mengajak masyarakat untuk turut berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, program yang digagasnya itu mengambil inisiatif dengan merekrut, membekali, dan menempatkan sarjana-sarjana terbaik bangsa yang memiliki semangat mengabdi, untuk mengajar di sebuah sekolah dasar selama satu tahun. Atas kontribusi yang diberikannya, ia pun menerima penghargaan dari The Association of Social and Economic Solidarity with Pacific Countries (PASIAD) kategori Pendidikan dari Pemerintah Turki. 

Menyadari akan adanya kendala dalam memperoleh hasil maksimal dari Gerakan Indonesia Mengajar, pria yang pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Paramadina ini lantas mengagas Gerakan Indonesia Menyala. Didasari oleh hasil pengamatan dari sejumlah pengajar muda yang melihat bahwa adanya kekurangan bahan bacaan bermutu pada mayoritas anak didik mereka, program ini membentuk perpustakaan-perpustakaan di wilayah penempatan pengajar muda dengan harapan dapat menghilangkan sekat akses bacaan yang terbatas itu. 

Gebrakan lain yang pernah digagas oleh Anies Baswedan adalah melarang adanya program MOS (masa orientasi siswa) yang menurutnya tidak efektif. Tergerak atas keprihatinan dirinya dengan banyaknya korban yang bermunculan dari kegiatan tersebut, ia pun melarang praktik kegiatan yang bisa dibilang sudah menjadi tradisi di dunia pendidikan nasional. Menurutnya, kegiatan masa orientasi siswa hanyalah ajang perpeloncoan yang tujuannya hanya ingin memperlihatkan eksistensi senior kepada yunior atau siswa baru, dalam lingkungan sekolah. Baginya, kegiatan ini bukanlah sarana pengenalan awal bagi siswa baru terhadap lingkungan sekolah. 

Tak hanya itu, selama menjabat sebagai Mendikbud ia juga pernah mengeluarkan surat edaran kepada wali murid untuk mengantarkan anak-anaknya pada saat hari pertama masuk sekolah, menerapkan kurikulum terbaru, menyebarkan guru-guru berkualitas, hingga mereformasi ujian nasional sebagai syarat mutlak kelulusan. Pujian pun banyak diberikan oleh masyarakat untuk gebrakan keputusannya yang mereformasi ujian nasional. Menurut banyak kalangan, tidak lagi menjadikan ujian nasional sebagai syarat mutlak kelulusan, dirasa tepat. Karena memang sudah seharusnya kelulusan yang diimpikan oleh setiap siswa tidak hanya ditentukan hanya dari ujian yang dilaksanakan satu kali itu. Hal ini mengingat lamanya proses pembelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik sebelum tiba waktunya untuk mengikuti ujian nasional itu.

Meskipun Anies Baswedan banyak memberikan ide-ide dan gebrakan-gebrakan selama menjabat sebagai Mendikbud, nyatanya, beliau juga menjadi salah satu dari daftar menteri yang terkena kebijakan reshuffle dalam kabinet Presiden Joko Widodo. Terlepas dari kenyataan bahwa Anies Baswedan menjadi salah satu menteri yang terkena reshuffle, ide-ide dan gagasan-gagasannya telah banyak mengubah wajah pendidikan nasional. Apakah prestasi dan bekal pengalaman kepemimpinannya selama menjabat sebagai Mendikbud dapat membuat masyarakat DKI jatuh hati? Mengingat, kompleksnya masalah yang terdapat di DKI Jakarta. Gebrakan dan gagasan Anies Baswedan jika terpilih sebagai DKI 1, layak kita nantikan. *Yuga Andika Ramadhan

(diolah dari berbagai sumber)
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Gebrakan dan Gagasan Anies Baswedan, Akankah? Rating: 5 Reviewed By: mindis.id