Latest News
Friday, October 7, 2016

Ahok dan Para Pesaingnya dalam Pilkada DKI Jakarta 2017

Baca Juga


Pilkada DKI Jakarta memang selalu menjadi perhatian publik. Tidak hanya pemilik KTP Jakarta, tetapi juga seluruh rakyat Indonesia. Jakarta sebagai pusat pemerintahan, pusat perekonomian, ibu kota negara, serta kota yang dianggap paling maju, tentu akan memiliki daya tarik sendiri jika seseorang berhasil duduk sebagai orang nomor satu di kota ini.

Belum lama kita dikejutkan dengan plin-plan-nya Ahok. Ahok dahulu sempat berujar untuk maju dengan jalur independen alias tanpa partai politik. Hal ini menimbulkan gelombang dukungan dari para pendukung Ahok yang disebut Teman Ahok. Namun, setelah syarat untuk maju sebagai calon independen terpenuhi, yaitu pengumpulan 1 juta KTP, Ahok justru berujar untuk maju melalui jalur partai politik. Selain itu, Heru yang digadang-gadang Teman Ahok untuk menjadi wakilnya pun, harus rela posisinya diambil oleh petahana Djarot yang diusung oleh PDIP.

Kini, Ahok yang sedang diterpa masalah dengan pendukungnya tersebut harus kembali berhadapan dengan lawan yang tidak diperhitungan, yaitu Anies Baswedan-Sandiaga S Uno serta Agus Yudhoyono-Sylviana Murni. Kedua calon ini cukup dinilai baik di mata publik, sehingga Ahok sebagai incumbent tentu harus menyiapkan cara jitu untuk mengalahkan mereka. Mari kita bahas satu per satu mengapa lawan Ahok kali ini tidak bisa dipandang sebelah mata. 

Lawan pertama adalah pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Kiprah politik Anies memang sangat gemilang. Sebagai mantan menteri, ia tergolong menteri yang mendapat rapor baik. Mungkin majunya Anies pada pilkada kali ini bisa menjadi alasan mengapa ia di-reshuffle oleh Joko Widodo. Selain itu, ia juga terkenal di kalangan anak muda yang notabene jumlahnya saat ini cukup banyak di Indonesia. Pasalnya, ia merupakan pendiri Gerakan Indonesia Mengajar. Selain itu, ia juga mantan Rektor Universitas Paramdina.

Pasangan Anies juga tidak bisa dianggap remeh. Muda, ganteng, dan memiliki karier gemilang, bisa menjadi modal tepat untuk mendampingi pemimpin Jakarta. Dialah Sandiaga S Uno. Sebelum bersama Anies, Sandiaga juga sudah berapa kali blusukan di DKI Jakarta sehingga elektabilitasnya cukup meroket.

Lawan berikutnya adalah Agus H Yudhoyono. Anak dari mantan presiden ini juga tidak bisa dianggap remeh. Kariernya yang gemilang di dunia militer serta dukungan popularitas ayahnya, tentu membuat namanya cukup populer di kalangan masyarakat. Pembawaannya yang tenang namun terkesan tetap tegas, mengisyarakatkan politik santun nan tegas yang sangat berbanding terbalik dengan Ahok.

Pemilihan Sylvi sebagai wakilnya juga dinilai cukup tepat. Walaupun tidak terlalu populer, Sylvi adalah birokrat asli pemerintahan DKI Jakarta. Artinya, ia tahu betul apa yang menjadi problem di Jakarta saat ini. Dengan begitu, Sylvi yang sarat akan pengalaman bisa membantu Agus dalam mengatasi problematika birokrasi di Jakarta.

Persaingan orang-orang hebat ini menuju kursi nomor satu di DKI Jakarta memang cukup menarik untuk di simak. Semoga saja, siapa pun yang terpilih nanti, bisa mengemban amanah serta memajukan Jakarta menjadi lebih baik.

*Ahmad Hidayah
Alumnus Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

Sumber gambar: www.aktual.com
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Ahok dan Para Pesaingnya dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 Rating: 5 Reviewed By: mindis.id