Latest News
Monday, September 12, 2016

Sosok yang Direinkarnasi pada Tokoh Catwoman

Baca Juga


The Dark Knight Rises adalah judul dari sekuel kelanjutan film Batman yang dirilis pada 2012. Film yang disutradarai oleh Christopher Nolan ini mempertemukan ketiga superhero seperti Batman, Catwoman, dan Robin yang saling bahu-membahu menghadapi Bane yang datang sebagai tokoh antagonis. Namun ada beberapa fakta menarik tentang sosok Catwoman, lebih tepatnya sosok yang coba dihidupkan kembali pada karakter Catwoman dalam film The Dark Knight Rises. Siapa dan bagaimanakah sosok itu? Berikut ini adalah ulasannya.

1. Dikenal karena KontroversiDi tahun 1933 namanya mulai dikenal dunia. Bagaimana tidak, wanita berusia 18 tahun ini mengejutkan dunia melalui adegan beraninya dalam film yang berjudul Ecstasy. Wanita dengan nama asli Hedy Kiesler ini memerankan tokoh gadis muda bernama Eva, yang memperlihatkan ekspresi wajah ektase (orgasme). Adegan yang dilakukannya pun memancing banyak kecaman, sebab merupakan kali pertama dalam sejarah film layar lebar memuat adegan seerotis itu. Ia pun lantas terkenal dan mendapat julukan The Ecstasy Girl. Walaupun pada akhirnya ia memutuskan untuk mengganti namanya menjadi Hedy Lamarr.

2. Istri MiliunerFilm Ecstasy yang dibintanginya membuat Hedy Lamarr menjadi terkenal dan memiliki banyak penggemar, tak terkecuali seorang bos pabrik senjata bernama Friedrich Mandl yang pada masanya merupakan orang terkaya ketiga di negaranya, Austria. Friedrich Mandl yang jatuh hati pada Hedy Lamarr, menikahi sang pujaan hati setelah delapan pekan sebelumnya melakukan pertunangan. Hal ini pun lantas menjadikan Hedy Lamarr sebagai seorang istri miliuner. Sebagai bos pabrik senjata nama-nama seperti Adolf Hitler dan Benito Mussolini seringkali datang bertamu mengunjungi Mandl. Terlepas dari semua itu, Mandl merupakan seorang yang murah hati namun juga seseorang yang memiliki sikap obsesif. Sikap obsesif itulah yang lantas membuat Hedy Lamarr menjadi tidak tahan hingga akhirnya ia pun memutuskan untuk melarikan diri menuju Paris, dan bercerai pada 1937.

3. Pernah Tertangkap MencuriSetahun setelah perceraiannya dengan Friedrich Mandl, Hedy Lamarr kembali ke jagad perfilman Hollywood. Film yang berjudul Algiers menjadi film pertamanya kala ia membangun kembali karirnya, disusul dengan film-film lainnya yang berjudul Boom Town, My Favourite Spy, dan Samson and Delilah yang semuanya sukses dan laku di pasaran. Namun citra "kontroversi" yang terlanjur melekat padanya menjadikan dirinya sebagai sasaran empuk gosip-gosip. Di antara salah satu berita besar yang beredar tentang dirinya ialah kabar tentangnya tertangkap tangan mencuri di sebuah toko setelah kariernya di dunia hiburan meredup.

4. Seorang PenemuBanyak khalayak umum mengenal Hedy Lamarr dengan sosok yang penuh kontroversi, namun tak banyak juga yang tahu tentang kegemarannya meracik, mendesain, dan menuangkan ide-ide brilian. Kisah asmara masa lalunya bersama bos pabrik senjata Friedrich Mandl, telah membuat ia banyak mengetahui sistem persenjataan, tak terkecuali tentang teknologi rudal dan kapal selam. Ia pun menyumbangkan salah satu gagasan revolusionernya kepada pasukan sekutu perihal "loncatan frekuensi" yaitu bagaimana cara membuat variasi frekuensi sinyal radio yang ditransmisikan sehingga membuat musuh tak tahu cara memblokirnya pada saat salurannya beralih tak terduga, dengan harapan pasukan sekutu dapat mengalahkan pasukan Hitler kala itu. Sampai saat di kemudian hari Hedy Lamarr bersama George Antheil mendaftarkan paten atas temuannya dengan nama Secret Communication System.

Setiap manusia memiliki masa lalu, ada yang memilih untuk melupakannya, ada yang ingin menyimpannya, atau mungkin mengambil pelajaran darinya. Tak banyak orang yang akan mengira bahwa penemuan hebat akan datang dari ide revolusioner seseorang yang penuh kontroversi seperti Hedy Lamarr. Ide yang dimunculkannya kala memperoleh pelajaran dalam kisah romansa masa lalu. Sebuah gagasan revolusioner tentang “teknologi komunikasi spread-spectrum” yang hingga kini dapat dirasakan manfaatnya. Dialah sosok yang coba dihidupkan dalam film The Dark Night Raises melalui karakter Catwoman. Seorang wanita bernama Hedy Lamarr. *Yuga Andika Ramadhan

(diolah dari berbagai sumber)
Sumber gambar:
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Sosok yang Direinkarnasi pada Tokoh Catwoman Rating: 5 Reviewed By: mindis.id