Latest News
Friday, August 26, 2016

Sukses Porto Jinakkan I Giallorossi

Baca Juga


Kekalahan AS Roma atas FC Porto pada leg kedua babak play-off Liga Champions kian menambah panjang rentetan minor wakil-wakil tim Italia dalam melewati babak play-off Liga Champions. Bukan tanpa alasan, pasalnya dalam enam musim terakhir, wakil dari Italia selalu gagal melewati babak play-off Liga Champions terkecuali AC Milan pada musim 2013-2014. Apakah itu sebuah kutukan? Karena jika melihat pada statistik pertandingan AS Roma melawan FC Porto, AS Roma sejatinya unggul dalam penguasaan bola, yakni sebanyak 52,2% sebagaimana dilansir dari situs resmi AS Roma. Lantas apa sebab kekalahan tim serigala ibu kota yang membuatnya harus rela absen dari liga bergengsi antarklub-klub Eropa?

Pertama, keberhasilan FC Porto menciptakan gol cepat. Gol cepat yang dibuat oleh Felipe Augusto seolah menghipnotis para pemain I Giallorossi. Asa sejatinya terbang tinggi menyelimuti Stadion Olimpico pada awal babak pertama. Itu dihadirkan oleh ancaman yang datang dari Radja Nainggolan di menit-menit awal pertandingan. Terlebih lagi hasil imbang 1-1 yang didapat pada perjumpaan leg pertama babak play-off kian menambah gelora Romanisti dalam memberikan dukungan penuh pada I Giallorossi, yang pada waktu itu hanya perlu mengakhiri laga dengan skor kacamata. Namun seolah ingin menebus dosa pada laga pertemuan leg sebelumnya, Felipe Augusto sukses memanfaatkan tendangan bebas Otanvinho dengan menyambar bola yang membuatnya bersarang di jala gawang Wojciech Szczesny pada menit ke-8. Gol itu tidak saja mengubah papan skor namun juga menyerang psikologis para pemain AS Roma. Itu dapat terlihat dari permainan yang ditampilkan para pemain AS Roma setelah gol tercipta. Kontrol bola para pemainnya menjadi kurang baik sehingga mereka lebih sering kehilangan bola dan banyak melakukan salah umpan. Statistik akhir pertandingan pun mencatat bahwa keberhasilan umpan silang pemain AS Roma hanya sebesar 22,9%.

Kedua keunggulan jumlah pemain yang berhasil dimaksimalkan para pemain FC Porto. Dikartu merahnya Daniel de Rossi pada penghujung akhir babak pertama dan Emerson Palmieri di permulaan awal babak kedua oleh Szymon Marciniak yang kala itu menjadi pengadil lapangan, banyak memengaruhi jalannya pertandingan. FC Porto sukses memanfaatkan lubang yang ditinggalkan oleh kedua pemain tersebut dan memaksimalkan keadaan itu. AS Roma yang saat itu bermain lebih terbuka guna mengejar defisit gol, tak kuasa membendung serangan atraktif yang diperagakan oleh para pemain FC Porto. Alih-alih mengejar ketertinggalan, Wojciech Szczesny harus rela memungut bola dari gawangnya dua kali lagi, yang masing-masing dibuat oleh Miguel Layun melalui aksi individunya pada menit ke-73 yang kemudian disusul oleh gol Jesus Corona pada menit ke-75.

Ketiga permainan disiplin lagi efektif yang diperagakan oleh para pemain FC Porto. Gaya bermain disiplin yang diusung oleh pemain-pemain FC Porto layak mendapat pujian. Pasalnya, banyak peluang-peluang AS Roma yang berhasil digagalkan oleh kedisiplinan dan kesigapan para pemain mereka. Khususnya Iker Casillas yang pada laga itu tercatat melakukan empat kali penyelamatan dan berhasil mencatatkan clean sheet di akhir laga.

Keempat kurang maksimalnya AS Roma dalam memanfaatkan peluang-peluang yang didapatnya, seolah Dewi Fortuna belum berpihak terlebih lagi dalam memanfaatkan set piece tendangan sudut. Dalam pertandingan itu tercatat I Giallorossi mendapatkan sebelas kali kesempatan tendangan penjuru, lebih banyak lima kali lipat dari yang didapatkan oleh tim lawan. AS Roma pun harus rela mengakhiri pengembaraannya di ajang play-off Liga Champions, dengan aggregat 1-4. Kembali wakil dari Italia belum mampu menghilangkan tradisi buruk babak play-off Liga Champions. Alhasil Italia pun harus puas hanya mengirim dua wakilnya di ajang Liga Champions yaitu Juventus dan Napoli.

Yuga Andika Ramadhan
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Sumber gambar: www.allevents.in
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Sukses Porto Jinakkan I Giallorossi Rating: 5 Reviewed By: mindis.id