Latest News
Monday, August 29, 2016

Prestasi Besar di Balik Sosok Sandiaga Uno yang Low Profile

Baca Juga


Memang Pilkada Jakarta masih cukup jauh waktunya, namun bursa nama calon pemimpin mulai marak dibicarakan di media-media. Beberapa nama hadir sebagai penantang Gubernur Jakarta sebelumnya, Basuki Tjahya Purnama alias Ahok. Beberpa nama digadang-gadang memiliki potensi besar untuk memenangnkan persaingan ini dan memimpin Jakarta. Mulai dari mantan Menpora Adhyaksa Dault, Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini, Yusril Ihza Mahendra, dan seorang pengusaha muda sukses bernama Sandiaga Uno.

Dari beberapa nama di atas, mungkin tiga di antaranya pernah kita dengar namanya. Akan tetapi, siapakah sosok terakhir yang ternyata mendapat dukungan dari banyak partai yang berkoalisi dan menamakan diri mereka dengan sebutan Koalisi Kekeluargaan? Dialah Sandiaga Uno, atau Sandiaga Salahudin Uno. Sosok low profile yang belakangan santer terdengar sebagai salah satu bakal calon gubernur yang dikatakan cukup mumpuni untuk menandingi gubernur sebelumnya.

Tak banyak yang tahu bahwa Sandi (panggilan akrabnya) adalah sosok yang banyak menoreskan kesuksesan selama perjalanan hidupnya. Di antaranya, dia bersama temannya berhasil mendirikan perusahan di bidang ke investasi bernama PT Saratoga Advisor yang berhasil mengangkat namanya ke deretan 37 orang terkaya se-Indonesia serta 122 orang terkaya di dunia menurut majalah forbes.

Pria kelahiran Gorontalo 1969 ini, semenjak sekolah ternyata telah menjadi anak yang berprestasi. Tercatat semasa setudinya di Wichita State University, Amerika, dirinya telah mengukir nama yang baik, yaitu lulus dengan hasil yang cumlaude. Bukan hanya itu, ternyata setahun kemudian beliau mendapat beasiswa untuk melanjutkan studi ke jenjang berikutnya di George Washington university. Di sana, dia menorehkan hasil yang sangat baik, yaitu mendapat nilai 4,00 untuk indeks prestasinya.

Dari hasil prestasi di sekolahnya tersebut, Sandi mampu bercokol di beberapa  perusahan internasional seperti Seapower Asia Investment Limited Singapore sebagai Manjer Investasi pada 1994 dan NTI Resources Kanada sebagai Executive Vice President pada 1995. Karena krisis moneter melanda dan menyebabkan perusahaan mengalami kebangkrutan, Sandi pun kembali ke Indonesia dan membuka usaha bersama dengan temannya. Mereka pun mendirikan PT Saratoga Investama Sadaya yang bergerak di bidang investasi. Jatuh bangun ia rasakan dalam membangun usaha ini sampai akhirnya membuatnya menjadi 122 orang terkaya di dunia. Bukan hanya itu, saat ini Sandi juga menjadi jajaran direksi dari lima perusahaan yaitu PT Adaro Indonesia, PT Indonesia Bulk Terminal, PT Mitra Global Telekomunikas Indonesia, PT Interra Resources Limited, dan PT iFORTE SOLUSI INFOTEK. Selain itu, dia juga menjabat sebagai ketua umum HIPMI pada 2005–2008 dan menjabat sebagai ketua komite tetap bidang UMKM dalam organisasi KADIN.

Saat ini, beberapa jabatannya telah dilepas. Seperti di antaranya pada 16 April 2015 dia berhenti sebagai direktur PT AdaroEnergy Tbk dan 10 Juni 2015 beliau resmi mengundurkan diri dari jabatanya sebagai direktur utama di PT Saratoga Investama Sadaya Tbk. Semua itu ia lakukan guna memfokuskan diri sebagai wakil ketua dewan pembina Partai Gerindra pimpinan Prabowo Subiyanto.
Dilihat dari catatan dan prestasi yang telah ditorehkanya, sepertinya Sandiaga Uno merupakan sosok yang akan menjadi lawan berat bagi pesaing-pesaingnya dalam Pilkada Jakarta 2017. *Hendra Laksono


Sumber gambar: www.berdemokrasi.com
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Prestasi Besar di Balik Sosok Sandiaga Uno yang Low Profile Rating: 5 Reviewed By: mindis.id