Latest News
Monday, August 1, 2016

Balikin KTP Gue, Ahok !

Baca Juga




Pemilihan siapa yang bakal menjadi orang nomor satu di DKI Jakarta memang selalu menjadi sorotan. Pasalnya, Jakarta sebagai ibu kota negara dengan segala kompleksitasnya membuat para pemimpin daerah ini harus memiliki segudang kekuatan untuk dapat dikatakan berhasil. Selain itu, sekarang ini muncul anggapan baru bahwa siapa yang berhasil mengatasi masalah di Jakarta maka bisa menjadi orang nomor satu di indonesia. Hal ini sejarah dimana Joko Widodo, presiden kita sekarang ini yang sebelumnya merupakan gubernur DKI Jakarta.

Tidak butuh waktu lama untuk Ahok menarik simpati rakyat Jakarta setelah ditinggal Joko Widodo yang naik jabatan sebagai presiden. Ahok dinilai sosok yang tepat untuk memimpin Jakarta. Rakyat lelah dengan pemimpin yang terkesan lembek dan tidak mau turun tangan. Sifat ahok yang keras serta mau turun langsung ke lapangan membuat Ahok kini dicintai rakyat jakarta. Selain itu, Ahok yang selalu terlibat adu argumen dengan DPRD justru malah dinilai meningkatkan popularitasnya. Rakyat telah lelah dengan para aktor politik yang dianggap kotor. Ahok ibarat mutiara di padang pasir. Hingga akhirnya keluarlah statement ahok untuk maju di pilkada DKI Jakarta 2017 melalui jalur independen alias tanpa partai politik.

Keinginan ahok untuk maju pada pemilihan gubernur DKI Jakarta tahun 2017 juga bukan perkara mudah. Untuk bisa ikut dalam kontestan politik terbesar di DKI Jakarta ini, Ahok harus memiliki 1 juta kTP. Permasalahan inu justru mengundang simpatik rakyat yang akhirnya berbuntut pada munculnya gerakan Teman Ahok yang betugas untuk membantu mengumpulkan 1 juta KTP agar Ahok tetap bisa ikut berpartisipasi dalam pilkada DKI Jakarta 2017.

Jika dilihat lebih dalam, Ahok bisa seberani ini bukan hanya karena faktor anti terhadap partai politik, melainkan juga karena para pesaing kuatnya seperti Tri Rismaharini ataupun Ridwan Kamil telah gugur atau menyatakan tidak maju dalam perebutan pimpinan DKI Jakarta. Saat ini, ada beberapa nama yang siap bertanding melawan Ahok, seperti Adhyaksa Dault, Ahmad Dhani, ataupun Sandiaga S Uno. Mereka semua tidak sanggup mengalahkan popularitas Ahok untuk saat ini, atau mungkin hanya Sandiaga S Uno yang didukung oleh partai Gerindra yang masuk dalam hitungan. Namun tetap saja, ini belum cukup.

Keputusan ahok maju sebagai calon independen juga tak terlepas dari kontroversial. Ahok merasa besar kepala karena sudah memiliki basis masa yang besar melalui teman ahok. Ia merasa sudah meraih hati rakyat Jakarta. Hal ini membuat PDIP yang semula berniat untuk meminangnya putar haluan. PDIP mungkin berpikir bahwa Ahok menjadi terlalu angkuh. ada dua sudut pandang yang berbeda, Ahok merasa bahwa dirinya adalah calon terbaik dan PDIP harus ikut dalam aturan mainnya. Sebaliknya, PDIP sebagai sebuah partai besar dengan sejarah politiknya yang panjang tentu juga memiliki harga diri yang tinggi untuk tunduk pada Ahok dan justru PDIP meminta Ahok untuk ikut konvensi atau musyawarah seperti calon - calon lainnya jika ingin didukung oleh partai berlambang banteng ini. 

Namun, kini Ahok mulai terlihat gamang. Ia memutuskan untuk maju melalui jalur partai dan tidak lagi independen. Entah apa alasan sehingga ia menelan ludahnya sendiri. Hasilnya, keputusannya ini menimbulkan kekecewaan bagi para teman Ahok yang sudah rela mencari dukungan untuk dirinya agar bisa maju sebagai calon independen. Keputusannya ini justru membuatnya terkesan memanfaatkan Teman Ahok sebagai bargaining politik untuk para parpol yang ingin mendukungnya. Kini, dengan didukung 3 partai, yaitu Nasdem, Hanura dan Golkar, ahok siap maju dalam pilkada.

Terlepas dari semua problematika dan keputusan Ahok ini, semua rakyat tetap berdoa agar pilkada 2017 nanti tetap berjalan dengan bersih, aman dan lancar sehingga siapapun yang terpilih nanti bisa membangun Jakarta sebagai kota yang lebih maju lagi, 


*Ahmad Hidayah 
Alumnus Ilmu Politik UIN Syarif HIdayatullah, Jakarta 

Sumber gambar : http://assets-a1.kompasiana.com/
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Balikin KTP Gue, Ahok ! Rating: 5 Reviewed By: mindis.id