Latest News
Friday, August 26, 2016

Mirisnya Gaji Guru Honorer

Baca Juga


Dewasa ini,  sosok guru adalah pribadi yang sangat terhormat di masyarakat. Di Indonesia contohnya, minat orang untuk menjadi seorang guru sangatlah tinggi. Dunia pendidikan semakin berkembang pesat, tenaga pendidik menjadi peran utama dalam kasus ini.

Faktor finansial sangat memengaruhi minat seseorang untuk menjadi guru. Penghasilan seorang guru, jika sudah menjadi PNS, berkisar Rp34 juta per bulan, plus sertifikasi dan sebagainya. Profesi guru sangatlah mulia dan penebar kebaikan untuk kehidupan generasi penerus lainnya. Pertanyaannya, bagaimana jika seorang guru belum mengantongi jabatan PNS dan masih berstatus honorer?

Seorang guru yang sudah mengantongi jabatan PNS akan mendapatkan gaji yang tinggi per bulannya, dan akan mendapatkan tunjangan-tunjangan lain di luar gaji pokok. Berbeda dengan guru PNS, seorang guru yang masih honorer di salah satu kota penyangga ibu kota, mendapatkan kisaran gaji hanya Rp6.000 per jamnya. Jika dalam satu minggu ia hanya mengajar 15 jam, berarti ia hanya mendapat Rp90.000 per minggunya. Dalam satu bulan, paling tidak ia hanya menerima Rp360.000 per bulannya.
Tentu saja nominal yang kurang memadai tersebut tidak sepadan dengan kebutuhan hidup mereka. Maka tak jarang diantara mereka, di sela-sela kesibukannya menjadi seorang guru, mereka mampu mengerjakan pekerjaan lain seperti menjual kue, menjadi tukang ojek, dan berjualan koran. Semua mereka lakukan demi terpenuhinya kebutuhan hidup yang semakin mendesak.

Mirisnya, gaji guru honorer yang tidak memadai itu bukan hanya terjadi di satu kota itu saja, namun hampir di beberapa kota yang ada di Indonesia. Padahal, jika direnungi lebih mendalam, pengorbanan seorang guru sangatlah besar hingga dapat mencetak siswa-siswi yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Karena perannya sangat penting tersebut, dikatakan bahwa maju atau tidaknya pendidikan yang ada di suatu negara tergantung dari seorang guru. Tanpa kehadirannya, bisa dipastikan pemikiran generasi penerus bangsa akan mengalami keterbelakangan. Jika nasib generasi penerus berada di tangan guru, maka nasib guru honorer berada di tangan siapa?


Novellia Narulita
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Sumber gambar: www.tabloidjubi.com
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Mirisnya Gaji Guru Honorer Rating: 5 Reviewed By: mindis.id