mindis.id
Latest News
Friday, August 26, 2016

Keindahan Kota Pelajar

Baca Juga


Selain  dijuluki sebagai Kota Pelajar, Kota Jogja juga mempunyai julukan yang tak kalah fenomenalnya, yaitu Keindahan Asia yang Tiada Akhir.

Perlu kita ketahui, dalam catatan sejarah dahulu, Daerah Istimewa Yogyakarta pernah menjadi Ibu Kota Indonesia sebelum DKI Jakarta. Dalam kurun waktu kurang lebih tiga tahun (1946–1949). Kini, Kota Jogja mempunyai banyak julukan seperti Kota Budaya, Kota Seniman, Kota Pelajar, Kota Gudeg, dan masih banyak julukan yang lainnya.

Ada keunikan lain di balik nama “Jogja” yang dapat ditulis dengan beberapa ejaan bahkan dipenggal dari nama lengkapnya. Misalnya, Jogjakarta menjadi Jogja, Yogyakarta menjadi Yogya, dan untuk tetap mempertahankan kesan klasiknya, sebagian masyarakat menuliskan dengan ejaan lama “Djogja”. Ada pula yang menyebut Jogja dengan sebutan Ngayogyakarta dan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Dari beberapa sebutan di atas, melambangkan bahwa Kota Yogyakarta memiliki keanekaragaman pesona yang bukan hanya pesona alamnya saja. Jogja juga mempunyai julukan “Keindahan Asia yang Tiada Akhir”. Beberapa julukan yang melekat pada Kota Jogja, menyebabkan Kota Pelajar ini menjadi rujukan destinasi wisata terbanyak kedua setelah Bali.

Berikut beberapa tempat wisata di Jogja:
1.    Wisata Malam Kota Jogja
Kilauan lampu di tengah Kota Jogja dengan desain tradisionalnya memberi kesan tersendiri bagi pengunjung di malam hari. Jika berkunjung ke Jogja, jangan pernah melewatkan tempat wisata yang menyuguhkan keindahan malam yang sangat memukau. Anda dapat berkeliling di malam hari mulai dari Tugu Jogja, lanjut menyusuri jalan Malioboro dan mencoba wisata yang ada di Alun-alun Kidul. Banyak hiburan yang disajikan di sepanjang Malioboro dan banyak pula tempat-tempat untuk selfie yang asyik.

2.    Wisata Alam Kalibiru
Desa Wisata Kalibiru, Sermo, Hargowilis, Kokap Kulon Progo DIY Kalibiru merupakan kawasan hutan yang dikelola oleh penduduk sekitar. Area dengan pemandangan yang indah sekarang menjadi hits di kalangan remaja jika ingin berwisata ke Jogja. Di tempat ini kita dapat berfoto ria di pohon besar, yang menyuguhkan pemandangan indah mengarah ke laut dan perbukitan yang terbentang luas. Cuaca cerah dan sejuknya udara di tempat wisata ini banyak sekali yang menyukainya. Tempat ini menjadi rekomendasi untuk destinasi perjalanan wisata selanjutnya jika ingin ke Jogja.

3.    Berwisata ke Imogiri
Tempat wisata Imogiri ini terletak di bagian selatan Kota Jogja yang sarat akan keindahan alamnya seperti Kebun Buah Mangunan, makam raja-raja di Imogiri, hutan pinus, dan masih banyak lagi. Di tempat wisata ini kita dapat mendapati pemandangan alam perbukitan hijau yang sejuk dan sungai yang meliuk seperti ular dengan airnya yang terlihat biru kehijauan dari atas. Selain itu, kita dapat juga mengunjungi situs makam sultan Ngayogyakarta di Imogiri. Tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan, Anda dapat berkunjung ke hutan pinus yang asri dan memberikan kesan nyaman untuk menghilangkan kepenatan akan rutinitas setiap harinya.

4.    Kebun Binatang Gembira Loka
Tempat wisata ini cocok untuk wisata keluarga. Kebun Binatang Gembira Loka ini lumayan bagus dan harga tiketnya juga tidak terlalu mahal, hanya berkisar Rp30.000/orang.

5.    Benteng Vredeburg
Lokasi Benteng Vredeburg berada di ujung Jalan Malioboro Kota Jogja, tepatnya berada di Jalan Jend AYani No 6, Yogyakarta. Sesampainya di tempat ini, kita akan disuguhkan sebuah pemandangan pintu gerbang yang berasal dari zaman penjajahan Belanda. Setelah sampai di dalam kawasan wisata Benteng Vredeburg, kita akan menemukan bangunan-bangunan tua bergaya arsitektur zaman Belanda.

Itulah beberapa destinasi rekomendasi tempat wisata di Kota Jogja yang paling menarik untuk kalian kunjungi. Setelah itu, kalian dapat memilih tempat rekreasi yang cocok untuk liburan kalian saat pertama kali menginjakkan kaki di Kota Jogja. Selamat berlibur! *Novellia Narulita

Sumber gambar: www.kanaljogja.com
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Keindahan Kota Pelajar Rating: 5 Reviewed By: mindis.id