Latest News
Thursday, August 18, 2016

Dua Presiden Indonesia yang Terlupakan

Baca Juga



Selama ini banyak orang yang hanya mengetahui bahwa presiden Indonesia baru berjumlah 7 orang, yaitu Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Joko Widodo. Namun, sejatinya ada dua orang lagi yang pernah mengemban tugas sebagai kepala negara Republik Indonesia, Ia adalah Syafruddin Prawiranegara dan Assat.

Syafruddin Prawiranegara pernah menjadi presiden dari PDRI (Pemerintah Darurat Republik Indonesia) pada tanggal 22 Desember 1948. Ketika itu, pemerintah pusat Indonesia yang bertempat di Yogyakarta harus jatuh ke tangan Belanda dan Soekarno dan Hatta harus diculik oleh Belanda. Untuk mengisi pucuk pimpinan yang kosong, maka Soekarno mengirimkann sebuah pesan rahasia kepada Syafruddin yang pada saat itu menjabat sebagai Menteri Kemakmuran untuk membuat PDRI. Dari rapat pembentukan PDRI inilah ia ditunjuk untuk menjadi presiden Republik Indonesia untuk sementara. 

Setelah Agresi Militer Berakhir, Belanda pun menarik mundur pasukannya dan membebaskan Soekarno dan Hatta. Bersamaan dengan itu pula, jabatan presiden kembali diberikan kepada Soekarno dan PDRI resmi dibubarkan dan kembali menjadi Republik Indonesia. Berkat penyelamatannya di saat Indonesia mengalami kritis, wajar jika Syafruddin di sebut - sebut sebagai bapak penyelamat negara oleh para sejarawan. 

Presiden Indonesia yang juga terlupakan adalah Assaat. Pada bulan Desember tahun 1949, terjadi dualisme pemerintahan di Indonesia yaitu Republik Indonesia dan Republik Indonesia Serikat (RIS). Presiden saat itu, Soekarno yang ditunjuk oleh Belanda untuk memimpin Republik Indonesia Serikat (RIS). Oleh karena itu, kursi presiden Republik Indonesia pun kosong dan untuk sementara di pegang oleh Assaat. Tak sampai satu tahun, RIS dibubarkan dan resmi menjadi Republik Indonesia dan presiden Republik Indonesia pun kembali dipegang oleh Soekarno. 

*Ahmad Hidayah 
Alumnus Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 
Diolah dari berbagai sumber 

Sumber gambar : http://masadera.com/ 
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Dua Presiden Indonesia yang Terlupakan Rating: 5 Reviewed By: mindis.id