mindis.id
Latest News
Tuesday, August 23, 2016

Berani Jujur: Hebat atau Normal?

Baca Juga



“Berani jujur hebat” adalah sebuah kalimat yang menjadi slogan sebuah lembaga antikorupsi negara yang bernama  KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) dalam rangka menyadarkan masyarakat akan pentingnya kejujuran. Slogan ini merupakan suatu kata yang dirangkai menjadi kalimat guna membangun motivasi rakyat Indonesia agar berani jujur sehingga angka korupsi bisa ditekan. Namun  apakah kita tidak merasa aneh dengan kalimat tersebut? Walaupun secara sepintas tak ada yang aneh dalam slogan ini, namun jika kita coba telaah lebih lanjut maka kalimat itu akan terdengar sangat aneh.

Kata "hebat" yang terdapat di dalam slogan ini yang menurut saya aneh. Kita semua tahu apa arti dari kata "hebat". Hebat merupakan kata yang berarti memiliki sesuatu kemampuan yang melebihi dari yang lain. Contoh, Einstein adalah orang hebat yang artinya Einstein memiliki sesuatu atau pemikiran yang melebihi manusia normal pada umumnya. Atau Superman hebat yang berarti Superman memiliki kelebihan jika dibandingkan manusia normal lainnya. Oleh karena itu, jika kata tersebut menjadi slogan sebuah lembaga antikorupsi negara maka akan mengundang indikasi dan asumsi publik bahwa bangsa Indonesia sudah sangat parah soal kejujurannya, sehingga seorang yang berani melakukan kejujuran maka akan diberi kehormatan menyandang gelar orang hebat.

Slogan ini akan memunculkan stigma bahwa sifat pembohong akan menjadi sifat yang normal bagi masyarakat Indonesia. Seharusnya, KPK mengganti kalimat Berani Jujur Hebat menjadi Berani Jujur itu Normal sehingga masyarakat yang melakukan kebohongan akan dicap sebagai manusia TIDAK NORMAL. Menurut pendapat saya, orang yang tidak jujur pantas dikatakan sebagai orang tidak normal mengingat kejujuran adalah pelajaran yang diajarkan kepada setiap orang mulai dari saat kecil hingga dewasa. Oleh karena itu, slogan Berani Jujur Hebat sepatutnya berubah menjadi Berani Jujur Normal sehingga akan berdampak lebih efektif. 

*Hendra Laksono 

Sumber gambar : https://indonesiamengajar.org
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Berani Jujur: Hebat atau Normal? Rating: 5 Reviewed By: mindis.id