Latest News
Friday, August 26, 2016

Bahaya Kecanduan Smartphone

Baca Juga


Dewasa ini, smartphone semakin banyak beredar di kalangan menengah hingga kalangan bawah, baik orang dewasa maupun anak-anak. Smartphone bukan saja digunakan untuk kepentingan pekerjaan, smartphone saat ini sudah menjadi kebutuhan hidup untuk banyak orang.
Selain mudah untuk mengakses segala informasi dan berkomunikasi di media sosial, banyak pula bahaya-bahaya yang timbul akibat kecanduan menggunakan smartphone. Berikut ulasan bahaya penyakit yang akan ditimbulkan bila kecanduan smartphone.

1.    Kanker Otak
Penelitian menunjukkan bahwa seringnya menggunakan smartphone terlalu lama berisiko terkena kanker otak. Hal tersebut disebabkan oleh radiasi dari smartphone. Apabila seseorang menggunakan smartphone pada usia dini, maka risiko terburuk bila terkena kanker otak adalah meninggal dunia. 

2.    Insomnia
Waktu ideal untuk tidur adalah delapan sampai sepuluh jam per hari. Namun, pada kenyataannya hanya 15% remaja di dunia yang melakukan istirahat ideal seperti itu. Smartphone adalah salah satu penyebab anak zaman sekarang menjadi susah tidur. Cahaya dari layar smartphone dapat menyebabkan insomnia dan tidur tidak tenang alias gelisah.

3.    Merusak Otak
Dampak buruk dari radiasi ponsel terhadap kesehatan tubuh masih menjadi kontroversi. Namun, beberapa penelitian menyebutkan bahwa radiasi ponsel dapat merusak saraf pada otak. Yang paling banyak dialami saat ini adalah menatap ponsel terlalu lama dapat menyebabkan rasa mual dan sakit kepala berkelanjutan.

4.    Gangguan Pendengaran
Selain digunakan untuk bermain game, browsing, dan sebagainya, smartphone juga digunakan untuk mendengarkan musik. Gangguan pendengaran dapat terjadi jika mendengarkan musik dengan volume kencang. Biasanya hal ini dilakukan saat sedang mengendarai sepeda motor atau di tempat keramaian dengan menggunakan earphone.

5.    Kurang Peduli terhadap Lingkungan
Terbiasa menggunakan gadget pada saat sedang berjalan atau di luar rumah, dapat menyebabkan seseorang menjadi kurang peduli terhadap lingkungannya. Hal itu terjadi karena hampir seluruh konsentrasi dan pikiran tertuju pada ponsel yang sedang digunakan. Parahnya lagi, banyak orang yang menggunakan smartphone pada saat mengendarai motor, mobil, atau pada saat menyeberang jalan, sehingga tak menutup kemungkinan dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Perkembangan teknologi yang terus meningkat membuat smartphone dapat bekerja dengan beberapa fungsi, seperti memudahkan membalas chat via email, bermain Facebook, game, dan berinteraksi dengan mudah lewat media sosial.
Kemudahan-kemudahan itu disinyalir dapat menimbulkan kecanduan, karena hampir di setiap detiknya, kita selalu mengecek ponsel yang kita bawa ke mana pun kita pergi. Selain memudahkan segala sesuatu yang berhubungan dengan media sosial, ternyata smartphone juga sangat membahayakan pengguna jika terlalu lama menggunakannya. So, hati-hati ya, Guys! *Novellia Narulita

Sumber gambar: www.plimbi.com
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Bahaya Kecanduan Smartphone Rating: 5 Reviewed By: mindis.id