Latest News
Saturday, July 30, 2016

Sri Mulyani, Sang Bintang Reshuffle

Baca Juga



Tanggal 27 juli 2016 merupakan hari yang cukup fenomal bagi seluruh bangsa indonesia di mana pada hari itu Presiden RI Joko Widodo kembali mengambil langkah baru sebagai solusi penuntasan permasalahan yang ada di Indonesia. Beliau melakukan reshuffle kabinet kerja  sebagai pengganti para menteri sebelumnya yang dirasa masih belum mampu untuk mengatasi permasalahan yang ada di negeri ini. Pergantian jajaran kabinet tersebut dipandang cukup penting mengingat beberapa permasalahan yang terjadi di negeri ini semakin rumit. Dari beberapa nama yang masuk dalam jajaran menteri baru, ada satu nama yang cukup menjadi sorotan masyarakat Indonesia. Ia adalah Sri Mulyani Indrawati atau biasa di sapa dengan panggilan ibu Ani.

Nama Sri Mulyani memang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia mengingat track record nya yang cukup baik. Pada masa pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ia dipercaya sebagai menteri  keuangan dan juga sebagai pelaksana tugas Mentri Kordinator bidang perekonomian tahun 2008 setelah bapak Boediyono di angkat menjadi Gubernur Bank Indonesia. Di bawah tangan dinginnya, ia berhasil membuktikan bahwa perekonomian Indonesia terus meningkat walaupun sedang terjadi krisis ekonomi global. Selain itu, Sri Mulyani juga merupakan Direktur Pelaksana bank dunia pada tahun 2010. Perlu digaris bawahi, ia adalah orang Indonesia pertama yang berhasil menduduki posisi sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Tidak hanya itu saja, keberhasilan Sri Mulyani pu tidak dapat dipandang sebelah mata, diantaranya adalah mempertahankan kebijakan fiskal yang prudent, menurunkan biaya pinjaman dan mengelola utang serta memberi kepercayaan pada investor untuk berinvestasi dengan aman di Indonesia. Keberhasilannya di dalam negeri ini membuatnya meraih predikat sebagai Menteri Keuangan terbaik di Asia untuk tahun 2006, 2007 , 2008 oleh Emerging Market (Euromoney) dan majalah forbes sebagai wanita paling berpengaruh di dunia urutan ke 23 tahun 2008.

Keberhasilannya ini dilatar belakangi oleh pendidikannya. Ia mendapat gelar sarjana ekonomi dari salah satu universitas terbaik di Indonesia yaitu Universitas Indonesia (UI) pada tahun 1986. Tak cukup sampai di situ, Ia melanjutkan pendidikannya kembali ke University of Illionis, Amerika Serikat dan meraih gelar Master of Science of Policy Economics. Teraikhir, gelar  Ph.D.of Economics juga didapatkannya dari universitas yang sama pada tahun 1992.

Jika dilihat dari berbagai macam prestasi yang telah dibuat oleh Sri Mulyani serta latar belakang pendidikan maka tak salah jika presiden Joko Widodo menunjuknya sebagai menteri keungan untuk mengatasi permasalahan perekonomian dan mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 7% yang merupakan target pemerintah.   

*Hendra Laksono
Diolah dari berbagai sumber


Sumber Foto : http://redaksiindonesia.com/
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Sri Mulyani, Sang Bintang Reshuffle Rating: 5 Reviewed By: mindis.id