Latest News
Saturday, July 30, 2016

Peran Orangtua terhadap Pendidikan Anak

Baca Juga




Memperhatikan pendidikan anak memang sangatlah penting. Karena dengan pendidikan, anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang lebih pintar dan berakhlak. Pendidikan merupakan usaha sadar untuk mengubah perilaku menjadi lebih baik. Pendidikan bisa didapat di mana saja, baik di keluarga, sekolah, maupun lingkungan masyarakat. Namun yang paling utama, pendidikan dimulai dari lingkungan keluarga. Karena keluarga sangat berperan penting dalam mendidik anak. 

Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang didapat tanpa unsur paksaan. Dengan begitu pengetahuan yang didapat adalah murni dari rasa keingin tahuan. Dalam hal ini keluargalah yang sangat berperan penting untuk memfasilitasi rasa keingin tahuan anak. Jangan sampai, pendidikan yang didapat adalah kemauan orang tua dan bukanlah keinginan anak.

Untuk mencapai hal yang demikian, perlu diperhatikan beberapa hal, salah satunya adalah jarak tempuh antara rumah dengan sekolah dekat. Dengan jarak sekolah yang dekat, anak lebih dapat terpantau dan dapat belajar mandiri. Hal itu karena anak bisa berangkat dan pulang sekolah sendiri, tanpa harus diantar atau dijemput oleh orang tua. Jika jarak sekolah dengan rumah terlampau jauh, apakah orang tua siap mengantar dan menjemput anak? Apalagi di zaman sekarang ini, di mana orang tua sibuk bekerja dari pagi hingga sore dan tidak ada waktu untuk mengantar serta menjemput anak.

Kedua, tidak perlu memilih sekolah favorit atau sekolah negeri unggulan. Sekolah di swasta atau paket pun sama saja. Yang kita cari adalah ilmu yang bermanfaat, bukan gengsi yang membuat nama kita terangkat. Hal ini akan mengajarkan anak sikap apa adanya dan tidak mencari yang mereka inginkan, namun cukup memenuhi apa yang mereka butuhkan.

Ketiga, ikuti kemauan anak. Inilah yang terpenting. Terkadang ada orang tua yang menyuruh anak untuk masuk ke sekolah yang diinginkan orang tua. Tentu saja sekolah yang dipilih oleh orang tua adalah sekolah unggulan. Tapi, apakah itu tepat untuk anak kita? Biarkan anak memilih sekolahnya sendiri. Hal itu bertujuan untuk mengajarkan anak agar bertanggung jawab pada pilihannya.

Dengan demikan, orang tua diharapkan lebih dapat memahami keinginan anak, bukan menuruti keegoisan yang dapat membebankan anak. Kepintaran seseorang tidak dapat ditentukan oleh asal sekolahnya. Akan tetapi, kepintaran seseorang tumbuh dari diri sendiri. Yang terpenting dalam dunia kerja nanti, bukanlah orang yang pintar, tapi orang yang mau belajar. Semoga hal ini dapat dipahami oleh seluruh orang tua.


*Dini Ameliawati
amelia.diniaw@gmail.com


Sumber Foto : http://lesprivat99.com/ 

  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Peran Orangtua terhadap Pendidikan Anak Rating: 5 Reviewed By: mindis.id