mindis.id
Latest News
Friday, July 29, 2016

Menakar Kabinet Baru Jokowi - JK

Baca Juga




Pertanggal 28 Juli 2016 kemarin, Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan sekaligus melantik jajaran menteri baru dalam kabinet kerja hingga akhir masa jabatan tahun 2019. Dalam pidatonya, ia menjelaskan bahwa langkah ini diambil guna mengatasi masalahan perekonomian Indonesia yang belakangan ini menjadi sorotan utama. Selain itu, dalam pidato pembukanya ini tersirat makna bahwa pemerintah harus bergerak cepat dan sigap dalam mengambil keputusan guna mengatasi masalah - masalah yang selalu datang. Untuk menguatkan komitmennya tersebut, maka pemerintah harus mengambil langkah membongkar kembali menteri yang dianggap kurang berhasil menghadapi tantangan ini.  

Dalam hemat saya, keputusan presiden Joko Widodo kali ini sarat akan muatan politis. Sebab, keputusan ini diambil beberapa saat setelah PAN dan Golkar harus pindah haluan dari opisisi menjadi koalisi pemerintah. Sebut saja Airlangga Hartarto yang masuk menggantikan Saleh Husin yang menjadi menteri perindustrian. Airlangga Hartarto merupakan koordinator bidang ekonomi partai Golkar yang berarti ia merupakan representasi dari partai berlambang pohon beringin tersebut. Selain itu, ada pula Asman Abnur yang merupakan wakil ketua umum PAN yang masuk menggantikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Crisnandi. 

Selain itu, ada satu nama yang terus diperbincangkan dalam reshuffle kabinet kali ini, yaitu masuknya nama Sri Mulyani. Masuknya nama Sri Mulyani bagaikan angin segar dan meningkatkan optimisme dari masyarakat. Latar belakangnya sebagai mantan menteri keuangan di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan sebagai direktur pelaksana Bank Dunia dinilai dapat mengatasi tantangan utama yang sedang dihadapi Indonesia saat ini. 

Keputusan Presiden Joko Widodo ini disambut positif di bursa saham gabungan atau IHSG dan menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Bisa saja, ini menjadi pertanda baik untuk Indonesia kedepannya. Atas keputusan Presiden Joko Widodo kali ini, masyarakat Indonesia masih terus berharap bahwa keputusan Presiden kali ini bisa tepat sasaran sehingga pertumbuhan ekonomi bukan hanya menjadi isapan jempol semata. 


*Ahmad Hidayah
Alumnus Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 
Twitter dan IG : @ismetibon 

Sumber foto : http://setkab.go.id/
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menakar Kabinet Baru Jokowi - JK Rating: 5 Reviewed By: mindis.id