mindis.id
Latest News
Sunday, July 10, 2016

Lava Tour, Wisata Pengingat Kebesaran Tuhan

Baca Juga

Jumat, 5 November 2010, Tragedi Erupsi Merapi.
  


Pada Lebaran kali ini, saya beserta beberapa kerabat melancong ke kota pelajar, Yogyakarta. Salah satu kerabat saya mengajak untuk melihat kebesaran Tuhan melalui trip Lava Tour. Yang menarik dari wisata ini adalah, kita diajak untuk melihat bekas-bekas reruntuhan yang menjadi saksi bisu bagaimana keganasaan letusan Gunung Merapi yang terjadi pada beberapa tahun silam. 

Untuk menikmati trip ini, dibanderol seharga Rp400.000 untuk satu kelompok yang terdiri dari 4-5 orang. Kita akan menjelajahi seisi gunung merapi melalui mobil Jeep. Sungguh menarik, bukan? Ada beberapa spot yang akan kamu kunjungi, pertama adalah Museum Sisa Hartaku, Batu Alien, dan Bunker Kali Adem. 

Sepanjang perjalanan, kita akan melihat lubang-lubang serta bekas sungai yang terkena larva panas hasil erupsi Gunung Merapi. Sang pemandu juga menceritakan bagaimana keganasan Gunung Merapi yang meluluhlantahkan daerah sekitarnya dan bagaimana proses evakuasi warga pada saat itu. Sejenak saya pun ikut merinding dibuatnya, membayangkan bagaimana orang-orang harus berhamburan agar selamat dari serangan larva panas Gunung Merapi. 

Kali Kuning yang terkena larva panas erupsi Gunung Merapi yang kini telah menjadi tambang pasir.

Sekitar 10 menit perjalanan, akhirnya saya sampai di spot pemberhentian pertama, yaitu Museum Sisa Hartaku. Dari nama museum ini saja, sudah jelas menggambarkan apa yang akan terlihat di dalam museum ini. Di sini kita bisa melihat benda-benda yang terkena larva panas Gunung Merapi, mulai dari bongkahan rumah beserta isinya, tulang belulang hewan, hingga rangka sepeda motor. Dari sini saya berpikir, ketika Tuhan berkendak, ya terjadilah. Hanya dalam sekejap, Tuhan bisa memporak-porandakan seisi bumi. Sugguh besar kuasa-Mu, Tuhan.





Spot kedua tak kalah menarik, yaitu Batu Alien. Mengapa dikatakan Batu Alien? Sebab, terdapat sebuah bongkahan batu besar yang muncul dari hasil luapan larva Gunung Merapi yang menyerupai wajah seseorang, begitulah ujar sang pemandu wisata. Spot yang ketiga adalah Bunker Kaliadem, tempat bersembunyinya warga dari serangan erupsi Gunung Merapi, 

Dari wisata selama hampir 1,5 jam ini, saya membayangkan bagaimana jika saya berada di sana. ditambah lagi cerita-cerita mistis di dalamnya yang makin membuat saya "merinding disko". Museum yang dibangun oleh warga setempat beserta Pemerintah Sleman dan Provinsi Yogyakarta ini menjadi saksi bisu bahwa Tuhan itu ada dan Mahakuasa. Semoga orang-orang yang berpartisipasi dalam wisata ini bisa menjadi orang yang lebih baik dan pandai bersyukur. Aamiin. 


*Ahmad Hidayah 
Alumnus Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta
Foto : Ahmad Hidayah 
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Lava Tour, Wisata Pengingat Kebesaran Tuhan Rating: 5 Reviewed By: mindis.id