Latest News
Thursday, July 28, 2016

Ini Dia Prospek Kerja untuk Para Lulusan Ilmu Politik

Baca Juga


   

Kalau udah lulus mau jadi apa sih ? pertanyaan lumrah yang sering orang tanyakan sebelum memilih jurusan untuk kuliah. Dan ilmu politik menjadi salah satu jurusan yang dianggap orang sulit untuk mendapat pekerjaan kelak jika lulus. Alhasil, banyak para lulusan ilmu politik yang bekerja di luar bidang keahilan mereka. Oleh karena itu, Mindis.id telah merangkum beberapa prospek kerja yang bisa dimasuki oleh para lulusan ilmu politik.

1. Politisi 

Tentu saja, sebagai lulusan ilmu politik lahan kerja utama adalah menjadi seorang politisi. Namun, melihat fakta yang berkembang sampai saat ini sering kali politisi dianggap sebagai lapangan pekerjaan yang sulit untuk dimasuki dan tidak menghasilkan. Namun, kenyataannya menjadi seorang politisi itu tidak terlalu sulit jika kita mau berusaha. Selain itu, layaknya sebuah perusahaan, ternyata politisi juga di gaji oleh partai politik. Sebab, pemerintah menggelontorkan sejumlah dana (sesuai dengan jumlahnya di parlemen) untuk pembangunan partai politik.

2. Lembaga Riset dan Konsultan Politik

Salah satu kekuatan yang dimiliki oleh lulusan ilmu politik adalah kemampuan untuk menganalisis suatu kasus. Oleh karena itu, lembaga riset bisa menjadi lahan kerja yang realistis untuk para lulusan ilmu politik. Selain itu, hampir setiap tahun, pesta demokrasi dilaksanakan di Indonesia. Dan para calon pemimpin bangsa tentu perlu untuk meminta saran dari para konsultan politik sebagai seorang yang ahli dalam bidangnya. Oleh karena itu konsultan politik bisa menjadi salah satu lowongan pekerjaan yang menggiurkan untuk para lulusan ilmu politik.

3. Jurnalis 

Selain jago dalam menganalisis kasus, lulusan ilmu politik juga dituntut untuk terus update dalam setiap kejadian di Indonesia. Oleh karena itu, menjadi seorang jurnalis sangat cocok untuk para lulusan ilmu politik.

4. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

PNS menjadi ladang menggiurkan bagi para jurusan ilmu politik. Pasalnya, para lulusan ini sudah mempelajari ilmu - ilmu terkait birokrasi dan pelayanan publik. Oleh karena itu, menjadi PNS di suatu kementerian atau pemerintah daerah bisa menjadi opsi yang realistis bagi para lulusan ilmu politik.  

Jadi, untuk para calon mahasiswa jangan takut untuk memilih ilmu politik.



*Ahmad Hidayah 
Alumnus Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Twitter dan IG : @ismetibon

Sumber foto : http://cdn-2.tstatic.net/

  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ini Dia Prospek Kerja untuk Para Lulusan Ilmu Politik Rating: 5 Reviewed By: mindis.id