mindis.id
Latest News
Monday, July 11, 2016

Ilona, Si Gadis Jerman Polandia Sebelum Ainun

Baca Juga

    Sumber : http://www.wowkeren.com/ 


Sudah nonton film Rudy Habibie? ada yang menarik dari film ini. bukan tentang karir Habibie, bukan tentang pendidikannya di Jerman, atau bukan masalah perpolitikan di PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) di Aachen. tapi, masalah kisah cinta remaja yang di panggil Rudy ini. Sebenarnya wajar saja, sebagai seorang yang muda, jenius serta tampan untuk memiliki kisah cinta, tapi siapa yang menyangka bahwa cinta Habibie di Jerman adalah wanita bule blasteran Jerman Polandia. 

Ya, wanita cantik ini bernama Ilona Ianovska. Ilona merupakan cinta Habibie selama mengarungi pendidikan di Jerman. Ilona bagaikan mata air di padang pasir. Selalu menemani Habibie dengan setia. Ilona dan Habibie pertama kali bertemu dalam suatu pesta dansa. Pada saat itu, mereka membicarakan sebuah syair dari karya Goethe, seorang penyair terkenal. Karena memiliki kegemaran yang sama, maka obroloan pun berlanjut ke jenjang yang lebih serius. 

Sebagai seorang teman dekat alias pacar, Ilona selalu menemani Habibie ke beberapa acara penting, misalnya seperti rapat penting PPI Aachen. Tak jarang pula Habibie meminta pendapat dari Ilona ketika ia mengalami kegamangan, walaupun tak sedikit ia dan Ilona bertengkar akibat berbeda persepsi. Bagi saya, itu hanyalah bumbu - bumbu dalam sebuah hubungan. Toh, segala hal yang membuat mereka berdebat adalah diskusi apik yang patut untuk di contoh oleh para kaum muda zaman sekarang. 

                                Sumber : http://www.muvila.com/

Namun, setelah beberapa lama mengarungi hubungan bersama, Ilona tiba - tiba saja menghindar. Awalnya, Habibie muda sangat bingung mengapa wanita ini menghindarinya. Namun, akhirnya ia pun mengetahui bahwa hubungannya tidak di restui oleh sang Mami karena beda kultur dan agama. tidak hanya Mami, beberapa temannya di Aachen pun sebenarnya tidak setuju hubunganan mereka, bukan karena Ilona tidak baik, melainkan karena perbedaan negara. 

kira - kira begitulah cerita cinta Habibie muda selama di Aachen. Ada satu kutipan dalam film ini yang sangat menyentuh dan membuat saya berfikir, yaitu ketika Ilona sedang bertengkar dengan Habibie soal pandangan masa depan. "Aku mencintaimu Rudy, bahkan jika aku harus pindah agama dan pindah agama demi mu aku rela. Tapi apakah kamu pantas menerima pengorbananku ini ? apakah cintamu sebesar cintaku padamu? namun kamu lebih mencintai negara mu, Rudy" semoga saja kisah cinta Habibie muda ini bisa menginspirasi kita untuk menjadi pemuda yang lebih baik, amin. 

*Ahmad Hidayah 
Diolah dari berbagai sumber 
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ilona, Si Gadis Jerman Polandia Sebelum Ainun Rating: 5 Reviewed By: mindis.id